Plt Gubri menekan tombol sirene dalam bertanda diresmikannya penggunaan Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah Jl Gulama 2, Pekanbaru.
Plt Gubri menekan tombol sirene dalam bertanda diresmikannya penggunaan Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah Jl Gulama 2, Pekanbaru.

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Disaksikan Wakil Ketua MUI Pusat, KH Ma’aruf Amin dan Kemenag Riau, Tarmizi TRohor. (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah di Jalan Gulama Ujung Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirinei serta ditandatanganinya prasasti penggunaan mesjid Mesjid Baitul Ikhlas Islamiyah. Plt Gubri dalam kata sambutanya berharap atas peresmian tersebut ke depan mesjid berlantai dua akan dapat menjadi pusat kegiatan ibadah umat muslim, mulai dari sholat, wirid pengajian, hingga kegiatan ibadah lainya.

Kemudian juga nantinya juga dapat mewujudkan program Magrib Mengaji yang sudah cukup lama digalakkan pemerintah provinsi termasuk kabupaten/kota.

“Peresmian ini patut kita apresiasi sebagai bentuk perwujudan kualitas keimanan kita kepada Allah Swt. Diharapkan segala kegiatan ibadah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan umat. Pemprov merasa sangat terbantu, karena pembangunan mesjid dibangun atas swadaya masyarakat, meski juga pemerintah setiap tahun terus memberikan bantuan atas pembangunan mesjid di Riau,” kata Andi, Minggu (4/1/15).

Sementara Ketua Panitia Prof Dr H Almasdi Syahza mengatakan peresmian mesjid ini merupakan mesjid ke 14 dari seluruh Indonesia. Dibangun di atas seluas 6.295 meter persegi dengan luas bangunan sendiri 1.200 meter persegi terdiri dari dua lantai. Pembangunan mesjid dibangun selama dua tahun dengan biaya sekitar Rp11 miliar yang merupakan swadaya umat Islam, kaum Jam’iyyatul Islamiyah baik di dalam mau pun luar negeri.

“Peletakan batu pertama pembangunan mesjid ini dilakukan pada 27 Desember 2012,” papar Almasdi.

Menariknya pembangunan mesjid berlantai dua yang sudah mendapat sentuhan arsitektur modern ini dilaksanakan para insinyur dari jemaah Baitul Ikhlas Islamiyah sendiri.

Pembangunan mesjid ini sendiri selain sudah mendapatkan izin dari Pemko atas rekomendasi dari Wakil Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Ma’aruf Amin dan Sekjend MUI Ichwan Syam yang saat ini hadir langsung pada peresmian mesjid. Hadir juga Konsulat Malaysia Hardi Hamdin, para akademisi, MUI Riau dan Kota Pekanbaru serta MUI Makasar, anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H Tarmizi Ilyas.***(advertorial)