Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan HUlu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, sampaikan khutbah Jumat di Masjid Nurul Iman Pematang Reba Rengat Kab Inhu, Jumat (2/1/2015). Khutbah Jumat ini dilakukan secara khusus dengan mendatangkan beberapa pejabat Kemenag se Riau.

Khutbah Jumat ini digelar karena empat hal, yaitu acara rutin karena setiap hari Jumat pasti ada khutbahnya; Dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 69 Kementerian Agama Tingkat Prov Riau Tahun 2015, yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2015; Persiapan memasuki tahun 2015; dan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H.

Hadir dalam sholat Jumat tersebut beberapa pejabat dan karyawan/ti Pemkab Inhu yang sengaja sholat Jumat di Masjid Nurul Iman, beberapa pejabat Kemenag Kab/Kota yang datang dari seluruh Riau, ditambah dengan sekitar 500 jamaah rutin yang biasa melaksanakan sholat Jumat di masjid tersebut.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Kepala Perencanaan pada Kanwil Kemenag Riau ini, menyatakan dalam khutbahnya, bahwa umat Islam harus mempersiapkan diri untuk memasuki tahun baru 2015, sebab tantangan yang dihadapi ke depan, pastilah akan lebih berat dan beragam.

Dikatakannya, jika ingin selamat dalam memasuki dan menjalani tahun 2015 ini, maka setidaknya seorang umat harus dapat menjawab, menghayati dan mengamalkan 5 pertanyaan apa dan 3 pertanyaan siapa.

Lima pertanyaan apa tersebut adalah apa tujuan hidup; apa tugas hidup; apa peranan hidup; apa pedoman hidup; dan apa bekal hidup. Sedangkan tiga pertanyaan siapa adalah siapa teladan hidup; siapa kawan hidup; dan siapa lawan hidup.

Al-Ustadz Hasibuan menjelaskan bahwa tujuan hidup kita adalah untuk mencari ridha dari Allah SWT; tugas hidup kita adalah beribadah kepadaNya; peranan hidup kita adalah sebagai khalifah Allah di muka  bumi; pedoman hidup kita adalah Alquran dan al-Sunnah; dan bekal hidup kita adalah iman, ilmu dan amal.

Sedangkan teladan hidup kita adalah Nabi Muhammad SAW; kawan hidup kita adalah orang-orang yang beriman; dan lawan hidup kita adalah syaithan laknatullah.

Khutbah diakhiri dengan berdoa kepada Allah SWT agar umat islam, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati, diberikan keampunan, kasih sayang dan pertolongan dari Allah SWT.***(rls/ran)