jembatan kunoSegmenNews.com– Kejadian unik kembali terjadi di daratan China. Adalah sebuah jembatan kuno yang tiba-tiba muncul dari dasar danau Poyang di Provinsi Jiangxi. Selidik punya selidik sobat lintas, ternyata jembatan tersebut telah berusia 400 tahun dan dibangun pada jaman kejayaan Dinasti Ming.

Diberitakan via Daily Mail, pada konstruksi jembatan tersebut terdapat angka tahun 1631 yang merupakan masa akhir masa Dinasti Ming.

Secara struktur, jembatan tersebut terbuat dari batu granit dengan panjang sekitar 2.500 kaki. Pada masanya, jembatan berbentuk terusan ini dikenal dengan nama ‘Jembatan Seribu Mata’ karena lubang yang terdapat di jembatan tersebut ada sekitar 1.100 lubang. 1000 batu granit pun nampaknya membuat konstruksi jembatan dapat tahan lama dan kuat hingga kini.

Dulunya danau Poyang memiliki peran penting dalam sejarah Dinasti Ming saat para pejuang Ming unggul saat perang melawan suku Han pada 1363. Secara geografis, air danau ini cukup bergantung pada Sungai Yangtze yang tergantung pada iklim. Jembatan ini juga merupakan akses utama antara kota besar dengan desa nelayan kecil.

Akibat air danau yang belakangan terus surut dan hampir mengering, maka jembatan yang penuh dengan nilai sejarah ini tiba-tiba muncul setelah tenggelam selama ratusan tahun.***

Red:hasran
Sumber: Imanovic/lintasme