wasirSegmenNews.com- Hemorrhoids, atau yang bisa dikenal dengan sebuatan wasir, terjadi ketika adanya tekanan pada pembuluh darah di sekitar panggul yang menyebabkan pembuluh darah di anus membengkak dan secara bertahap menonjol keluar.

Tekanan pada pembuluh darah di sekitar panggul ini disebabkan oleh banyak faktor, misalnya mengejan terlalu keras ketika sedang BAB, diare yang tak kunjung sembuh, sembelit, obesitas, serta kehamilan.

Wasir bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, risih, dan nyeri untuk waktu yang terbatas. Biasanya rasa tidak nyaman dan nyeri ini muncul ketika penderita wasir sedang duduk atau buang air besar. Janganlah sekali-kali meremehkan wasir.

Secara umum, wasir dibagi dua, yaitu wasir dalam (Internal Hemorrhoids) dan wasir luar (External Hemorrhoids). Wasir dalam dapat dicegah jika Anda bisa merubah kebiasaan mengejan ketika BAB. Tapi bila dibiarkan, wasir dalam bisa menonjol dan keluar dari anus.

Wasir luar terletak di pinggir dubur. Jika mengejan terlalu keras maka darah yang ada di dalam pembuluh akan menggumpal, membentuk keras, dan benjol kebiruan. Hal ini disebut sebagai Perianal Thrombose. Wasir Thrombose bisa sangat menyakitkan.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami wasir atau tidak, perhatikan gejala-gejala berikut:

1. Pendarahan pada anus. Pendarahan bisa berupa tetesan, bisa berupa aliran darah deras. Bagi penderitanya, gejala ini tidak terasa nyeri.
2. Ada rasa mengganjal ketika buang air besar. Karena rasa mengganjal ini, mengejan ketika BAB menjadi tidak nyaman sehingga membuat penderitanya mengejan lebih kuat lagi yang malah menjadikan wasir semakin parah.
3. Timbuh rasa gatal di anus. Kondisi ini disebabkan karena sisa kotoran yang luput dibersihkan akhirnya menjadi bakteri penyebab rasa gatal.

Wasir juga dibagi dalam 4 tingkat keparahan:

1. Pembengkakkan masih didalam dubur sehingga tidak terlihat; gejala yang paling menonjol adalah perdarahan waktu buang air besar (darah segar dapat menetes ataupun mengucur), tidak sakit.
2. Wasir keluar tetapi masuk kembali secara spontan waktu selesai buang air besar.
3. Wasir tidak dapat masuk secara spontan dan harus dibantu dengan jari atau obat, atau dalam jangka waktu lama baru bisa masuk kembali.
4. Wasir sudah didapat masuk, baik secara spontan maupun dengan bantuan. Pada tingkat ini harus segera ditindaklanjuti secara medis.

Meskipun wasir bukan penyakit yang mematikan tapi harus tetap diwaspadai karena wasir termasuk penyakit yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Para penderita wasir yang dinyatakan sembuh, harus tetap menjaga pola hidup dan pola makan mereka agar wasir tidak muncul kembali.***
Red: hasran
Sumber: tabloidbintang.com