Diskes Rohil Instruksikan Puskesmas Intensifkan Penyuluhan DBD

dbdBagansiapiapi(SegmenNews.com)- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rohil menginstruksikan semua Puskesmas mengintensifkan penyuluhan dan mencegah DBD. Instruksi tersebut untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) pasca banjir yang melanda sejumlah Daerah di Rohil.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir sudah memiliki Program tetap (Protap) dalam mencegah penyakit DBD dari kementrian Kesehatan. Diantaranya melakukan penyuluhan kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil H Muhammad Junaidi Saleh, Mkes, Ahad kemarin.

Dikatakannya, menyukseskan gerakan 3M plus dengan menguras dan menutup sumber air bersih juga menimbun barang bekas serta pemberian bubuk abate perlu digalakakam. Kemudian menjaga kebersihan lingkungan masing-masing sehingga tidak ada kesempatan dari jentik nyamuk aedes aegypty menjadi nyamuk dewasa. Termasuk melakukan penyelidikan epidemiologi.”Foging dilakukan apabila ada kasus DBD,” kata Junaidi.

Berkaitan dengan itu,lanjut Junaidi, Diskes Rohil kembali mengingatkan dan menginstruksikan kepada semua petugas Puskesmas yang berada didaerah-daerah untuk mengintensifkan sosialisasi maupun penyuluhan tentang penyakit DBD kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Rohil dapat mengetahui apa langkah yang dilakukan bila terjangkit maupun pencegahan soal penyakit DBD.

Ini dilakukan,tambah Junaidi, lantaran Kabupaten Rohil termasuk salah satu daerah rawan terhadap munculnya penyakit DBD.Daerah rawan terhadap sebagian besar didaerah pesisir pantai. Diantaranya Kecamatan Bangko, Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Kubu Babussalam dan Kecamatan Pasir Limau Kapas.”Mengintensifkan penyuluhan sangat penting dilakukan,”kata Junaidi.***(adv/hms)