PilkadaPekanbaru (SegmenNews.com)- Walau saat ini belum ada kepastian tentang Peraturan Perundang-undangan (Perpu) terkait Pilkada. Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau telah menyusun segala persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di empat kabupaten/kota yang akan dilakukan serentak.

Empat daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak yakni, Kabupaten Indragiri Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. Pemungutan suara direncanakan pada tanggal 16 Desember 2015.

Kepastian ini dikatakan langsung oleh Ketua KPU Riau, Nurhamin saat pelaksanaan rapat kerja dengan Komisi A, DPRD Riau, Senin (12/01).

Disampaikan oleh Nurhamin terhadap rencana tahapan yang sudah disusun, kegiatan sudah dimulai dilaksanakan Januari ini dengan kegiatan Penrbentukan PKPU, Februari, Pendaftaran bakal calon, Maret dan April, pembentukan panitia uji publik, April – Mei, pelaksanaan uji publik, Juni, penyerahan dukungan calon perorangan, bulan Juli, penerimaan DP4, Agustus, pencalonan, Oktober penetapan DPT dan Desember, pemungutan suara.

“Untuk Februari juga dilakukan kegiatan sosialisasi hingga Desember. April, juga dilakukan pembentukan badan adhoc, Agustus – Oktober, coklit data dan Agustus – November, penyelesaian sengketa,” tambahnya sembari menyebutkan jadwal ini kalau Perpu diterima.

Sementara itu Nurhamin menyebutkan rangkaian kegiatan yang sudah didepan mata, tapi belum didukung oleh anggaran dan fasilitas seperti kendaraan dinas sebagai operasional oleh KPU Riau. “Kami sudah ajukan berkali-kali penganggaran di tahu 2014 tapi tidak diterima. Sekarang di 2015 juga ajukan Rp 4,22 M, tapi juga belum jelas,” sebutnya berharap minta dukungan.

Menyikapi apa yang dikeluhkan, Suhardiman Amby meminta KPU jangan sampai lengah terhadap apa yang sudah menjadi tugas. Karena masalah itu juga sedang dialami oleh Anggota Dewan. “Percayalah, kita bersama-sama akan berjuang dalam masalah anggaran ini. Mengingat ini agenda yang harus disukseskan,” timpalnya.***(her/MCRiau)