Salah satu pelaku perampokan menjalani pemeriksaan
Salah satu pelaku perampokan menjalani pemeriksaan

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Mobil Truk Tronton pengangkut kayu lok milik PT RAPP di rampok di Jalan Lintas Timur, kecamatan Pangkalan Lesung. sedangkan supirnya bernama Andri Putra (24) di ikat dan dibuang di daerah Tungkal Hulu, Provinsi Jambi.

Kapolres Pelalawan AKBP Adei Johan Sinaga SIK MHum melalui Paur Humas Ipda Edy Haryanto didampingi Kanit I Sat Reskrim Polres Pelalawan Iptu Boy Marudutua, Rabu (14/1/15)membenarkan perampokan tersebut, namun pelaku perampokan diketahui bernama Sandi dan Anggara, berhasil ditangkap Tim Reskrim Jatandras Polresta Palembang-Jambi, Selasa (13/1) lalu. Penangkapan berkat kerjasama Polres Pelalawan dan Polres Palembang.

“Setelah kita mendapat laporan, tim Opsnal diturunkan untuk melacak keberadaan pelaku yang terdeteksi di daerah Palembang. Jadi kita langsung koordinasi ke Polresta Palembang dan mobil bersama dua pelaku berhasil ditangkap,” ujar paur Humas Polres Pelalawan.

Dikisahkan, aksi perampokan terjadi, saat Andri di PT RPM sub kontraktor PT RAPP, baru keluar pintu pos II PT RAPP di Pangkalan Kerinci, usai membongkar kayu lok di pabrik, menuju Lirik, kabupaten Inhu, Minggu (11/1) malam. Namun saat akan berangkat korban dihubungi temannya, kalau ada rekannya yang ingin menumpang ke Ukui.

Mengira kalau tiga orang yang menghentikan di simpang lampu merah tidak jauh dari Pos II PT RAPP, adalah kawan temannya yang menghubunginya tersebut. Maka tanpa rasa curiga, korban memberikan tumpangan kepada tiga orang tak dikenal tersebut.

Tapi ditengah perjalanan tiba-tiba salah satu orang yang menumpang minta untuk menepi. Dengan dalih ingin buang air kecil. Kondisi jalan yang sepi, korban baru menghentikan mobil tronton di pinggir jalan.

Tiba-tiba salah satu penumpang itu menyerang dari belakang dengan mengunakan benda tumpul. Mendapat serangan dari belakang yang mengenai bagian kepala, korban berusaha membela diri.
Hingga didalam mobil terjadi bergumalan antara supir tronton dengan tiga penumpang yang ingin merampok mobilnya tersebut. Namun selain kalah tenaga, juga salah satu pelaku menyerang dirinya dengan senjata setrum hingga membuat tubuhnya jadi lemas dan tak berdaya.

Usai melumpuhkan supir dengan kondisi kedua tangan dan kaki di ikat serta mata di tutup dengan lakban. Setelah itu mobil diambil alih pelaku dan dilarikan ke arah Jambi.

Barang bukti mobil truk milik PT RPM selaku sub kontraktor PT RAPP di Pangkalan Kerinci
Barang bukti mobil truk milik PT RPM selaku sub kontraktor PT RAPP di Pangkalan Kerinci

Ditengah perjalanan korban kemudian dibuang oleh pelaku di daerah Tungkal, Jambi. Sementara mobil dibawa kabur hingga ke daerah, Palembang.

Tapi berkat kerja keras tim dan koordinasi Polres Pelalawan dengan Polresta Palembang, pelaku berhasil ditangkap saat sedang memperbaiki mobilnya di salah satu bengkel di Palembang. Namun saat disergap dua pelaku berhasil diringkus, sedangkan satu pelaku berhasil melarikan diri.

“Tim Opsnal telah berangkat ke Palembang, untuk menjemput kedua tersangka untuk dilakukan pengembangan, mencari satu pelaku yang berhasil kabur saat dilakukan penangkapan,” ungkap Edy.***(fin)