Walikota menjadi narasumber pada dialog Pemuda dan Pelajar Lintas Agama yang digelar oleh FKUB Pekanbaru
Walikota menjadi narasumber pada dialog Pemuda dan Pelajar Lintas Agama yang digelar oleh FKUB Pekanbaru

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT mengajak seluruh pelajar di Pekanbaru untuk menjadi duta dan pelopor dari kerukunan umat beragama di Pekanbaru, karena dengan menanamkan sikap mental tolerasi dalam beragama akan memudahkan terciptanya masyarakat kota modern yang madani.

Hal itu disampaikan Walikota di hadapan ratusan pelaajar yang tregabung dalam kelompok lintas agama, saat menjadi narasumber pada dialog Pemuda dan Pelajar Lintas Agama yang digelar oleh FKUB Pekanbaru, Kamis (15/1) di Aula SMA 5 Pekanbaru.

Dialog terbuka yang dipandu ketua FKUB Pekanbaru Ismardi Ilyas tersebut, dihadiri oleh Kepala Kemenag Edwar S Umar, Kepala Kesbang Pol Agus Purnomo, Kadis Pendidikan, para pengurus FKUBB Pekanbaru, Kepala SMA 5 Darisman beserta seluruh majelis guru, serta ratusan pelajar SMA kelompok lintas agama Pekanbaru diantaranya pelajar SMA 5, MAN 1, SMK Masmur, SMA An Nas, Santa Maria, Dharma Yudha, Tribakti, dan SMA Hasanah.

Walikota mengingatkan para pelajar sebagai calon pemimpin bangsa dan daerah di masa depan, harus memiliki cara berpikir yang maju dan tolerir serta cerdas dalam mewujkan kehidupan yang semakin baik di masa datang.

“Kerukunan umat beragama sangatlah penting diwujudkan dalam suatu daerah untuk memastikan daerah tersebut selalu dalam keadaan aman dan nyaman, serta saling tolong menolong, sehinngga membuat setiap orang dan setiap pelaku usaha merasa nyaman dalam menjalani aktfitas maupun profesi yang tentunya bertujuan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat luas,’’ ujar Walikota.

Karenanya menurut Walikota, kerukunan antar pemuda dan pelajar sangatlah penting, karena dari interaksi pemuda itulah wajah-wajah ramah dan bersahabat akan lebih memberikan warna betapa kota ini diiisi oleh masyarakkat yanag bersahabat dan ramah tamah.

“Pemuda dan pelajar adalah wajah Bangsa ini di masa depan, maka harus kita persiapkan sosok pemauda dan pelajar yang cerdas, berkperibadian dan peduli dengan kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan,’’ ulas Walikota sambil memperagakan salam Genre (Salam generasi terencana) yang diikuti oleh rsatuan pelajar yang hadir.

Sebelumnya Kepala SMA 5 Drs Darisman MPd dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa asmosfir masyarakat madani yang diprogramkan Walikota Pekanbaru dalam tahun terakhir ini sudah mulai terasa, dimana saat ini kehidupan beragama di Pekanbaru terasa berjalan dengan aman dan damai.

“Kita syukuri bahwa dalam tahun-tahun terakhir ini tidak ada lagi pertistiwa bentrok antar pelajar, dan Alhamdulillah juga tidak ada peristiwa bentrok antar agama, semoga kondisi yang nyaman ini tetap berjalan sesuai dengan haapan pak wali dan harapan kita semua,’’ harap Kepala SMA 5 Pekanbaru.***(hms/chir)