BKD Riau Inventarisasi Pemberkasan CPNS
BKD Riau Inventarisasi Pemberkasan CPNS

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau  menginstruksikan seluruh peserta CPNS melengkapi berkas. Ini dilakukan, karena saat ini pihak BKD sedang menginventarisasi persyaratan dalam proses pemberkasan tersebut.

“Sedang kita inventarisir.  Memang seluruh persyaratan dan pemberkasan harus dilengkapi. Kalau tidak dilengkapi sesuai waktu yang ditentukan, makanya CPNS bersangkutan gagal diangkat,’ papar Kepala BKD Riau, M Guntur, Sabtu (18/1) di Pekanbaru.

Ia mengharapkan, hal itu menjadi perhatian serius. Karena kelengkapan berkas menjadi persyaratan mutlak untuk mengantungi Nomor Induk Pegawai (NIP). Dalam hal ini, kebijakan tersebut harus dilaksanakan tanpa terkecuali.

“Kalau masih ada yang kurang, lengkapi dulu. Jadi apabila terdapat peserta seleksi yang telah dinyatakan lulus namun tidak melengkapi berkas. Kita tidak akan proses NIP nya,’ ulas Guntur.

Mantan Birokrat Pemko Pekanbaru itu menambahkan, berkas yang dilengkapi juga harus melampirkan berkas yang asli. Sehingga dapat dipertanggung jawabkan jika menjadi kendala dikemudian hari.

Jika terdapat peserta yang mundur tambah Guntur, maka dapat diisi atau diganti dari peserta urutan peringkat berikutnya pada formasi jabatan yang bersangkutan. Sehingga, formasi yang tersedia tidak kosong.

“Selain itu yang harus kita ketahui, apabila dikemudian hari ditemukan bahwa informasi yang diberikan peserta ternyata tidak benar, maka Pejabat berwenang berhak memberikan sanksi tegas. Baik berupa  pembatalan kelulusan atau pemberhentian sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Guntur.***(MCRiau/ran)