Maryadi Tamrin Ssos
Maryadi Tamrin Ssos

Rokan Hilir (segmenNews.com)- Sebanyak 20100 KK (kartu Keluarga) yang berada di Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir menerima beras raskin.

Hal ini di katakan oleh Lurah Bagan Hulu Maryadi Tamrin S,sos saat di wawancarai wartawan ini di ruang kerja Sabtu (17/1/15).

Tamrin menjelaskan, bahwa beras Raskin sebanyak 8,8 Ton.  Harga raskin dari Kelurahan tetap seharga Rp2400 per kilo gramnya. Hanya saja, mekanisme pengelolaan raskin di Kelurahan agar pengambilan lebih tertib dan penerima raskin lebih tepat sasaran, maka pihak Kelurahan memberi tugas penuh kepada setiap Ketua Rukun Tetangga (RT) sebagai pengkoordinir.

“Kalau soal harga dari Kelurahan ini tetap standar dari Kecamatan, yakni Rp 1600 per kilo gramnya. Hanya saja, untuk pengambilan raskin di kelurahan untuk setiap RT. Maka Ketua RT yang bersangkutan melunasi atau menanggulangi terlebih dahulu. Barulah raskin itu dibawa ke warga lingkungannya masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa dari Kelurahan hingga ke lingkungan RT, pihak kelurahan tidak menanggung biaya transportasi pengangkutan raskin tersebut.”Jadi, biaya mengangkut raskin itu di tanggung oleh masing-masing RT. Begitu juga, untuk yang berhak menerima raskin, kita percayakan penuh kepada masing-masing RT mendatanya,” ujarnya.

Tambah Muryadi, Khusus bagi pihak RT yang berada di kelurahan Bagan Hulu agar dapat membagikan beras raskinnya dengan adil, jangan di persalah gunakan beras raskin ini dengan menjual harga yang melebih jangkau kepada masyarakat.

Untuk saat ini belum ada laporan dari masyarakat terkait dengan penyelewengan beras raskin terhadap pihak RT. Jadi pembagian beras raskin di di Bagan Hulu masih aman dan terkendali.

Di tempat terpisah salah seorang warga Bagan Hulu Noraini (50) mengatakan, alhamdulilah saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang sudah membantu kami masyarakat miskin. Dengan adanya beras raskin ini dapat membatu sekali kebutuhan hidup kami.

“ Apa lagi harganya sangat terjangkau dengan jumlah I Kg Rp3000.Kalau kita membeli di warung harga beras tersebut 1 Kg Rp11000.” kata Noraini. ***(Chandra)