Rokan Hilir (SegmenNews.com)- Terkait pemindahan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di jalan Tangko, jalan Pahlawan Ujung dan jalan Sotong ke Pasar Bintang Hilir. Para pedagang meminta pihak Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP) Rokan Hilir berlaku adil dalam pemindahan pedagang.

Permintaan tersebut disampaikan pedagang saat melakukan pertemuan dengan pihak DKPP di Pospam Pasar Bintang, Rabu(21/1/15). Pertemuan itu dipimpin langsung oleh Kadis DKPP Rohil,Ibus Kasri,ST didampingi oleh Sekretaris DKPP, Iwan Kurnia, Kakan satpol PP Abdul Hamid, Wakapolsek Bangko AKP.Dodi, Kasi Ops Satpol PP, Syafe’i dan Tim terpadu lainnya.

Menurut pedagang pemindahan pedagang hanya sebagian saja, sedangkan sebagian lagi masih ada yang berjualan di Pasar tangko menempati lapak yang ada di Pasar Datuk Rubiah.

“Ini tentunya tidak adil, sementara Pasar Bintang Hilir ini sangatlah sunyi dari pembeli,” keluh pedagang yang sudah menempati pasar Bintang.

Selain itu, pedagang tersebut meminta pihak DKPP segera menyelesaikan atap kios di pasar Bintang. Pasalnya, mereka mengeluhkan akan basah jika hujan turun dan kepanasan jika terik matahari.

Menanggapi hal itu, Kadis DKPP Rohil, Ibus Kasri,ST menjelaskan bahwa pedagang yang berjualan di jalan tangko tersebut berada dihalaman rumah pribadinya, dan hal ini tentunya tidak bisa kita lakukan penggusuran, pedagang itu adalah pedagang pakaian dan pedagang kaset. Namun jika pedagang sayuran tetap akan relokasi ke pasar Bintang Hilir.

Dilanjutkan, untuk pedagang yang masih berjualan di pasar Datuk Rubiah itu akan kita lakukan pendataan.

“Kita kan punya datanya, bagi pedagang yang tidak terdata maka akan kita relokasikan kepasar Bintang Hilir ini. Intinya para pedagang tetap tidak kita bolehkan berjualan dijalan tangko, jalan pahlawan ujung dan jalan sotong.

Kemudian mengenai fasilitas pasar Bintang, diakuinya secara bertahap akan dilakukan pembenahan. Para pedagang diminta bersabar.

“Pedagang kita minta bersabar, nanti fasilitas akan dibenahi. Pemkab Rohil tentunya akan memperhatikan pedagang dengan cara menyiapkan lapak dan berbagai fasilitas lainnya,” sampai Ibus.

Selanjutnya, Ibus juga berjanji akan menyediakan lapak bagi pedagang yang belum mendapatkannya.***(Chandra)