Ilustrasi
Ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Komisi E DPRD Riau, menggunakan sistem jemput bola ke pusat, yakni menemui forum anggota DPR dan DPD RI Daerah Pemilihan Riau di Jakarta. Tujuannya untuk melancarkan bantuan dana APBN untuk Provinsi.

“Senin kemarin kita sudah berjumpa forum DPR dan DPD RI Dapil Riau di Jakarta. Kita harus menggunakan sistem jemput bola untuk kelancara APBN untuk provinsi kita,” kata Ketua Komisi C DPRD Riau, Masnur, Jumat (23/1).

Masnur mengaku, ketika melakukan kunjungan kerja ke kabupaten/kota, pejabat daerah banyak yang tidak mengetahui perencanaan pusat terhadap daerah, provinsi untuk daerah dan sebaliknya. Jadi sekarang komisi E akan mensinkronisasikan perencanaan antara daerah dengan provinsi juga pusat.

Komisi E memiliki mitra kerja 16 Satker/Badan. Diantaranya RSUD, RSJ, Diskes, Kesra, Disdik, Disbudpar dan lain lain. Masnur berharap dengan sistem jemput bola, anggaran APBN bisa diserap dan dikucurkan ke daerah.

Sebab banyak pembangunan besar yang membutuhkan bantuan nasional. Seperti pembangunan gedung Bedah Central RSUD Arifin Ahmad, dan pelaksanaan peningkatan kurikulum di Disdik Riau dan lain lain.

Menurut Masnur, dengan meningkatkan koordinasi antara daerah dengan perwakilan di pusat, akan dapat memuluskan settiap rencana pembangunan di Riau. Sebab diyakini, perwakilan pusat lebih memiliki hubungan baik dengan para menteri dan kementrian sehingga mudah melakukan lobi-lobi.

“Kita memiliki forum politisi dipusat. Jadi kita harus bisa memanfaatkan sebagai penyambung lidah ke Kementrian. Supaya kita bisa mendapatkan bantuan APBN yang banyak,” ujar Masnur.***(lin)