Kodim 0301 Pekanbaru Ikuti Pelatihan Ketahanan Pangan
Kodim 0301 Pekanbaru Ikuti Pelatihan Ketahanan Pangan

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi,S.Si secara resmi membuka kegiatan pelatihan kader ketahanan pangan dalam mendukung program SWASEMBADA PANGAN di wilayah kodim 0301/Pekanbaru tahun 2015 di aula Makodim jalan Ahmad Yani, Selasa (27/01/15).

Dalam pelatihan ini dihadiri oleh ketua komisi II DPRD kota Pekanbaru Zulfan Hafiz dan Desi, Dandim 0301/Pekanbaru Muhammad Ilyas, Kadis Pertanian kota pekanbaru dan Ketua Penyuluhan pertanian kota pekanbaru.

Wakil walikota pekanbaru Ayat Cahyadi,S.Si mengatakan dalam pidatonya kekhwatiran kita dengan melihat jumlah penduduk kota pekanbaru yang telah mencapai 1 juta jiwa, dengan pertumbuhan yang cukup tinggi tentu harus diimbangi dengan meningkatkan kapasitas produksi pangan.

“Dan kami atas nama pemeritah sangat apresiatif terhadap kegiatan pelatihan Kader Ketahanan Pangan dalam Program SWASEMBADA PANGAN di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru Tahun 2015 sehingga diharapkan menghasilkan kader-kader ketahanan pangan yang menjadi pionir dalam mengatasi permasalahan pangan yang menjadi isu strategis di kota pekanbaru,” ujar Ayat

Lanjutnya, Pekanbaru memang bukan daerah penghasil pangan, kebutuhan pangan masyarakat masih sangat tergantung kepada daerah lain. Oleh sebab itu program diversifikasi pangan merupakan program yang sangat penting untuk dilaksanakan sehingga dapat mendorong pembangunan cadangan pangan. Cadangan pangan tidak harus bertumpu pada komuditas beras saja melainkan bisa pada komuditas ubi kayu dan jagung yang banyak dihasilkan di kota pekanbaru.

Program diversifikasi pangan tidak berarti menggantikan beras tetapi lebih merubah pola konsumsi masyarakat yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak jenis pangan dan lebih bergizi sehingga gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan sesuai karakteristik daerah dapat memicu peningkatan surplus 10 juta ton beras dengan cara penurunan konsumsi beras 1,5 % pertahun.

Peresmian pembukaan Pelatihan Kader Ketahanan Pangan dalam Program SWASEMBADA PANGAN di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru Tahun 2015 dengan penyematan pita tanda peserta pelatihan oleh wakil walikota pekanbaru yang didampingi oleh Dandim 0301/Pekanbaru.***(chir/hms)