Penjualan mobil di Indonesia selama 2015 diprediksi tumbuh 5 persen (Foto: Koran Sindo)
Penjualan mobil di Indonesia selama 2015 diprediksi tumbuh 5 persen (Foto: Koran Sindo)

SegmenNews.com- Penjualan mobil di Indonesia tahun ini diprediksi berada di angka 1,2 juta unit atau tidak begitu jauh berbeda dengan perolehan pada 2014.

Konsultan automotif Forst and Sullivan memprediksi, penjualan mobil tahun ini mengalami kenaikan tipis yakni sebesar 5 persen menjadi 1.286.000 unit.

Kenaikan tersebut dilatarbelakangi adanya peningkatan investasi, anggaran pembangunan infrastruktur dari pemerintah, serta pertumbuhan kelas menengah.

“Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun ini tergolong stabil. Adanya pertumbuhan ekonomi sebanyak 5,5 persen turut mendorong angka penjualan kendaraan,” jelas Wakil Presiden Sektor Automotif dan Transportasi Frost and Sullivan Asia Pasifik Vivek Vaidya di Jakarta kemarin.

Ia menyebut ketidakpastian ekonomi global cenderung akan membuat impor lebih mahal karena nilai mata tukar rupiah terhadap dolar Amerika masih lemah.

“Kenaikan biaya impor automotif memberikan dampak yang signifikan, seperti suku cadang yang bernilai tinggi dan agregat yang masih impor untuk berbagai model,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto. Ia menilai penjualan kendaraan roda empat dan lebih di Indonesia masih di kisaran 1,2 juta unit.

“Penjualan mobil di 2015 kami perkirakan masih akan sama dengan tahun lalu sebesar 1,2 juta unit,” paparnya.

Red: hasran
Sumber: okezone.com