Ilustrasi
Ilustrasi

Pulau Merbau (SegmenNews.com)- Tiga Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai penyangga terwujudnya swasembada pangan di tahun 2017 mendatang.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE, MM melalui Sekretarisnya, H. Sihana SP saat melakukan panen raya padi sekaligus peresmian mesin penggiling padi di Desa Batang Meranti, Kecamatan Pulau Merbau, Rabu (28/1/2015). Bahwa tiga desa penyangga tersebut yakni, Ketiga desa itu adalah Desa Renak Dungun, Desa Batang Meranti, dan Desa Tanjung Bunga.

Melalui evaluasi dan monitoring, pihaknya menetapkan bahwa dari 3 desa tersebut, Desa Batang Meranti termasuk desa yang berhasil untuk mewujudkan Kabupaten Kepulauan Meranti menuju swasembada pangan 2017 mendatang.

Berkat usaha yang dilakukan masyarakat Pulau Merbau tersebut, banyak dukungan-dukungan yang akan disalurkan Pemkab Kepulauan Meranti. “Sesuai janji kita, maka hari ini langsung kita realisasikan bantuan mesin penggilingan padi melalui APBD tahun 2014 untuk dioperasikan,”

Di samping itu, mengingat antusias warga mencetak sawah baru di Pulau Merbau di tahun 2014 dengan luas 178 Ha yang terdiri dari Desa Tanjung Bunga 100 Ha, Desa Batang Meranti 76 Ha dan di Desa Renak Dungun juga telah dicetak sawah baru dengan luas 250 Ha, maka melalui dana APBN dan APBD pihaknya meyalurkan bantuan berupa 3 unit mesin traktor, 3 unit mesin pompa air, 3 unit mesin prosesor, rumah mesin padi serta mesin penggilingan padi 1 unit.***(her)