Pekanbaru (segmenNews.com)- Anggota Komisi E DPRD Riau, Muhammad Adil menyayangkan venue eks PON di Riau tidak difungsikan dan tidak terjaga dengan baik. Padahal setiap tahun, selalu dianggarkan melalui usulan Dispora Riau.

Seharusnya Pemprov Riau, bisa memanfaatkan venue baik melalui latihan dan pertandingan. Sehingga venue yang dibangun dengan biaya mahal tidak sia sia. Padahal untuk pembangunannya membutuhkan extra kerja keras supaya PON bisa dilaksanakan di Riau menggunakan dana APBN tahun 2012 lalu.

“Sangat disayangkan, bangunan sudah ada tapi tidak dimanfaatkan. Sementara untuk perawatan selalu dianggarkan setiap tahun, supaya venue tetap terjaga dan tetap
bersih,” kata Adil, Jumat (30/1).

Adil mengakui ada kabar gembira, bahwa dalam waktu dekat Pemprov Riau akan melaksanakan pertandingan takraw dengan peserta 23 negara di Pekanbaru. Pertandingan menggunakan venue takraw di Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman.

Kreatifitas ini sangat didukung oleh DPRD Riau. Sehingga, venue itu tetap hidup dan berguna bagi perkembangan olahraga di Riau. Sebab setiap venue sudah dilengkapi oleh kelengkapan seluruh fasilitas atlit. Mulai kamr istirahat, kamar ganti, kamar mandi dan lain lain.

Menurut Adil, Pemprov tinggal selangkah lagi untuk menyukseskan dunia olahraga di Riau. Karena Dispora tidak akan memikirkan bangunan, namun bagaimana meningkatkan kualitas atlit dengan ditunjang sarana yang ada.

“Seperti Palembang yang memiliki venue eks PON, pemerintahannya sudah sering melakukan pertandingan tingkat daerah, nasional dan internasional. Diharapkan Provinsi Riau bisa mencontoh kreatifitas seperti itu,” ujar Adil.***(alind)