lantikBengkalis (SegmenNews.com)- Bupati H Herliyan Saleh menegaskan, pegawai dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, tidak boleh seperti bambu, di luar keras, tetapi di dalam kosong. Jangan seperti pahat, sekalipun tajam, bila tidak dipukul tidak mau bergerak.

“Tetapi, tirulah gergaji, pulang pergi membawa hasil. Atau contohlah batang ubi, dimanapun dilempar tetap bisa tumbuh,” diwakili Sekretaris Daerah H Burhanuddin, kalimat penuh makna itu disampaikan Bupati ketika melantik pejabat pejabat eselon III dan IV, Senin (2/2/15).

Disampaikan Bupati bahwa dimanapun dan kapanpun ditempatkan seorang pegawai atau pejabat itu harus dan memang harus siap. Tetap berkontribusi, serta memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan unit kerja masing-masing, masyarakat, pemerintah, daerah dan bangsa.

Seorang pejabat itu, kata Herliyan lagi, harus kreatif, berinisiatif, dan inovatif. Kemudian, pejabat itu harus tanggap dalam berbuat, cepat dalam bertindak serta cerdas dalam berpikir dan  tuntas dalam bekerja.

Dikatakannya, mutasi dan promosi yang dilakukan Pemkab Bengkalis, sebagai konsekuensi perkembangan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan yang cepat, transparan, berkualitas, efektif dan efisien yang kian hari semakin besar.

Katanya lagi, penempatan atau pengangkatan seorang pegawai dalam jabatan, bukan didasarkan pada like or dislike, suka atau tidak suka. Tidak pula kerena kedekatan personal, hubungan kekeluargan atau hal-hal lain yang bersifat subjektivitas.

“Tetapi semata-mata berdasarkan hasil penilaian terhadap potensi, kemampuan serta profesionalitas yang dimiliki pegawai yang bersangkutan yang ditunjukannya selama ini,”tegas Bupati.

Pejabat eselon III yang dilantik sebanyak 38 orang, baik hanya mutasi maupun promosi jabatan. Diantaranya, Yuhelmi yang sebelumnya Kepala Bidang Bin Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dipromosi menjadi Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi.

Yuhelmi menggantikan posisi Benny Alcan yang ditugaskan di tempat baru sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggantikan Kasmarni. Kasmarni sendiri dilantik sebagai Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana.

Sedangkan pejabat eselon IV sebanyak 87 orang. Pejabat eselon IV yang dimutasi, diantaranya Suyatno yang sebelumnya Lurah Duri Barat (Kec. Mandau) menduduki tempat baru sebagai Rimba Sekampung (Bengkalis). Posisi Suyatno digantikan Halazmi Juliazar yang sebelumnya lurah Talang Mandi (Mandau).

Kemudian Awaluddin yang sebelumnya Kasi Kesejahteraan, Sosial dan Budaya Kelurahan Rimba Sekampung dilantik sebagai Lurah Damun (Bengkalis). Awaluddin menggantikan Mohd Amru Herawza yang dimutasi sebagai Lurah Bengkalis Kota (Bengkalis).

Selain itu juga terdapat beberapa staf yang sebelumnya tidak menduduki jabatan dilantik sebagai pejabat eselon IV. Diantaranya Adi Sutrisno yang sebelumnya staf Bagian Humas dilantik sebagai Kasubbag Peliputan dan Domumentasi di Bagian Humas.

Kemudian, Risky Afrianti dan Fitra Rama. Kedua pejabat fungsional pada Sekretariat Daerah Bengkalis ini masing-masing dipromosikan sebagai Sekretaris Kelurahan Sungai Pakning (Bukit Batu) dan  Kasi Tata Pemerintahan Kelurahan Damun (Bengkalis).***(advertorial)