Plt Camat Kepenuhan Sosialisasi Pemindahan Ibukota Rohul
Plt Camat Kepenuhan Sosialisasi Pemindahan Ibukota Rohul

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Rencana pemindahan Ibukota Kabupaten Rokan Hulu dari Kota Pasir Pengaraian ke Kota Tengah Kelurahan Kepenuhan Kecamatan Kepenuhan sepertinya sudah pasti dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Menurut beberapa warga Kepenuhan, Plt Camat Kepenuhan Recko Roeandra telah mensosialisasikan wacana pemindahan Ibukota Rohul ke Kota Tengah ke beberapa desa/ kelurahan.

Sesuai wacana Pemkab Rohul, Kota Pasir Pengaraian akan dimekarkan menjadi daerah otonomi baru, yakni Kota Baharu Pasir Pengaraian.

Recko Roeandra membenarkan rencana pemindahan Ibukota Kabupaten Rohul dari Kota Pasirpangaraian ke Kota Tengah. Diakuinya, pihaknya telah sosialisaikan rencana itu kepada 13 desa dan satu kelurahan di Kecamatan Kepenuhan.

Menurutnya, rencana pemindahan Ibukota Rohul ke Kota Tengah didukung oleh warga Kecamatan Kepenuhan. Bahkan, belum lama ini, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat di Kepenuhan telah membentuk tim.

Ada dua lokasi yang direncanakan dijadikan sebagai Komplek Perkantoran Pemkab Rohul, yakni areal di belakang Kantor Camat Kepenuhan seluas 53 hektar (ha). Kemudian, lahan di Simpang Kanteh di perbatasan antara Kecamatan Kepenuhan Hulu dengan Kecamatan Kepenuhan seluas 50 ha.

“Rencana ini juga telah kami ekspos dihadapan Bupati Rohul Achmad di rumah dinasnya,” kata Recko kepada wartawan, Senin (2/2/2015).

Menurut banyak warga, pemindahan Ibukota juga akan menguntungkan mereka, karena akan mempercepat dan meningkatkan proses pembangunan di daerah mereka, baik bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan pelayanan terpadu.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak Kepenuhan Bahtiar AH bergelar Datuk Bandaro Sakti bersama 10 pucuk suku di kecamatan itu mendukung wacana Pemkab Rohul.

Menurut Bahtiar, sesuai namanya, Kota Tengah memang pantas dijadikan Ibukota Kabupaten Rohul. Sesuai letaknya, Kepenuhan berada di tengah-tengah dari lima kecamatan, seperti Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan Hulu, Kepenuhan dan Kecamatan Bonaidarussalam.

Sesuai wacana Pemkab Rohul, Kabupaten Rohul akan dimekarkan menjadi tiga dua Kabupaten dan satu Kota, yakni Kota Baharu Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Samo, dan Kabupaten Rohul.

Karena Pasirpangaraian jadi salah satu daerah masuk dalam Kota Baharu, maka otomatis Ibukota Kabupaten Rohul mesti dipindahkan. Masih sesuai wacana, Ibukota Kabupaten Rokan Samo direncanakan akan dipusatkan di Kecamatan Tandun.***(war)