Ketua TP PKK Kab Siak Hj Misnarni Syamsuar menyerahkan  penghargaan kepada anak-anak yang berpartisipasi dalam kampanye
Ketua TP PKK Kab Siak Hj Misnarni Syamsuar menyerahkan penghargaan kepada anak-anak yang berpartisipasi dalam kampanye

Siak (SegmenNews.com)– Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Siak kembali menggelar Kampanye Gemar Makan ikan Tahun 2015. Kampanye ini melibatkan segenap Pengurus FORIKAN Kecamatan serta Pengurus Penggerak PKK se Kabupaten Siak, yang dilaksanakan di Gedung Tengku Mahratu, Siak Sri Indrapura, Kamis (5/2/15).

Keberadaan FORIKAN sendiri bertujuan untuk menggerakkan unsur terkait demi meningkatkan konsumsi ikan nasional sehingga menjadi budaya agar tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Kampanye gemar makan ikan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Drs H Tengku Said Hamzah. Dalam sambutannya Said Hamzah mendorong PKK dan Pengurus FORIKAN agar terus meningkatkan upaya sosialisasi gemar memakan ikan. Ia mengingatkan konsumsi ikan bagi anak merupakan hal yang signifikan terhadap perkembangannya. FORIKAN diharapkan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia dimasa depan.

Dalam kampanye ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan seperti lomba mewarnai bagi anak usia PAUD serta Tamak Kanak-Kanak yang bertema ikan. Serta lomba memasak dan menyajikan jajanan berbahan dasar ikan. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memasyarakatkan gerakan gemar memakan ikan, baik bagi orang tua sampai kepada anak-anak.

“Ikan sangat baik bagi perkembangan anak. Oleh karena itu kita harus terus menggerakkan semua kalangan agar gemar memakan ikan. Kita sebagai orang tua harus menjadi yang pertama berperan terhadap konsumsi ikan anak-anak kiat,” demikian diungkapkan Ketua FORIKAN Kabupaten Siak Hj Rasyidah Alfedri saat membuka secara resmi ragam kegiatan lomba yang digelar.

“Ikan mengandung Omega 3 yang bermanfaat bagi kecerdasan dan perkembangan anak. Kita berharap dapat menggagas dan menambah kreasi ibu-ibu untuk memperkaya kemampuan dalam mengolah masakan, dengan bahan dasar ikan. Gerakan ini memiliki tujuan terhadap perkembangan anak-anak dimasa depan dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia,” imbuh Rasyidah.

Tampak pula hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK KAbupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar, yang juga bertindak sebagai Tim Juri Lomba memasak jajanan bebrbahan dasar ikan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengurus FORIKAN sendiri serta Tim Penggerak PKK se Kabupaten Siak akan pentingnya asupan gizi dari menu makanan yang berbahan dasar ikan.

Kegiatan ini diikuti oleh 280 orang, yang merupakan pengurus Forikan serta para pengurus PKK se Kabupaten Siak serta merupakan kerjasama antara FORIKAN Kabupaten Siak bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak serta PT Bumi Siak Pusako.***(rinto/rls)