Kemenag dan BAZNAS Sosialisasi Zakat di Kumain
Kemenag dan BAZNAS Sosialisasi Zakat di Kumain

Rokan Hulu (SegmenNews.com)-  Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat muslim tentang zakat, baik dari segi fiqhnya maupun dari segi pengelolaan, penyaluran dan pemberdayaannya, maka Kantor Kemenag dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Rohul, lakukan sosialisasi zakat bagi masyarakat Desa Kumain Kec Tandun, Kamis (5/2/2015) bertempat di Masjid At-Taqwa Desa Kumain.

Sosialisasi zakat tersebut diawali dengan pengukuhan pengurus Unit Pengumpul Zakat UPZ) 6 Masjid, yaitu Masjid At-Taqwa, Masjid Al-Huda, Masjid Ikhlas, Masjid Nurul Iman, Masjid Ath-Thalibin, dan Masjid Al-Ikhsan, sekaligus penyerahan SK pengangkatannya.

Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA selaku nara sumber utama pada sosialisasi zakat tersebut, mengatakan bahwa zakat adalah salah satu rukun Islam yang sering dilupakan umat Islam, padahal zakat adalah salah satu pilar utama penyangga tegaknya agama Islam.

Zakat bukan hanya sekedar ibadah mahdhah dimana penetapannya berdasarkan perintah Allah SWT dan hanya bersifat vertical semata, tetapi zakat adalah ibadah yang bersifat ijtimaiyah, terkait dengan social kemasyarakatan, salah satu bentuk rasa persaudaraan, saling tolong menolong antara satu sama yang lain.

Menurutnya lagi, zakat memiliki manfaat yang cukup besar, sebahagian diantaranya adalah untuk mensucikan harta dari hak orang lain; mensucikan diri dari sifat kikir atau bakhil; menambah kesuburan dan keberkahan dari harta yang dimiliki seseorang, sehingga kalaupun kelihatan berkurang, tetapi pada dasarnya adalah bertambah.

Ketua BAZNAS Rohul Ir H Samrikardo MSi mengharapkan agar pengurus UPZ yang baru saja dilantik, dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, sebab mengurus zakat ini pasti banyak tantangan, permasalahan, dan bahkan ketidaksukaan dari oknum-oknum tertentu.

Namun demikian, kesemua tantangan ini harus dihadapi dengan lapang dada, kerja keras, jujur dan bertanggungjawab, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat, yang pada gilirannya akan mendapatkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat.***(rls)