Disparpora Latih Guide Berbahasa Inggris dan Mandarin

rohilRokan Hilir(SegmenNews.com)-Kabupaten Rokan Hilir, Riau melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan melatih para penunjuk jalan (guide) dan MC (master of ceremony) mahir berbahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Hal itu untuk mendongkrak pengunjung wisata di Rohil

Keinginan itu disampaikan Kadispaspora, Drs Zulkarnain,Sabtu (7/2/2015). Zulkarnain mengatakan, Indonesia khususnya Kabupaten Rokan Hilir sudah memasuki pasar bebas Asia. Segala sesuatu harus dipersiapkan termasuk kegiatan promosi objek wisata yang kebanyakan bernilai history.

Untuk itu, jumlah wisatawan yang berasal dari luar negeri akan berdatangan ke Rokan Hilir yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. Untuk itu, pemerintah mendukung kegiatan pariwisata dengan menyiapkan generasi muda yang mampu berbicara didepan umum khususnya kepada turis yang datang ke Rohil.

”Untuk meyakinkan wisatawan, kita harus menciptakan guide yang handal untuk mendukung pariwisata di Rohil,” kata Zulkarnain disela sela persiapan dirinya berangkat umroh.

Dikatakanya, pelatihan itu akan dilakukan secara berkelompok. Pesertanya minimal harus bisa menguasai bahasa Inggris dan Mandarin level dasar. Peserta juga harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi sehingga dalam bicaranya terstruktur dengan sikap yang baik

”Kemungkinan Instruktur bahasa Inggris akan kita kontrak native speaker dari Amerika begitu juga dengan bahasa Mandarin. Upaya itu agar menambah motivasi dari peserta,” ungkap Zul.

Dia mengungkapkan, Rokan Hilir sedang gencar mempromosikan pariwisata keluar negeri. Untuk itu, generasi muda dituntut untuk berinteraksi karena mengingat tahun 2015 sistem ekonomi Internasional bergeser ke perdangangan pasar bebas.***(adv/hms)