HM Harris
HM Harris

Pangkalan Kuras (SegmenNews.com)- Bupati Pelalawan pancangkan tiang pertama pembangunan pasar modern sorek satu. Direncanakan pengerjaan megah proyek ini yang menelan anggaran sebesar Angaran Rp 28,347 M melalui anggaran tahun 2014- 2015 akan rampung dan siap diresmikan awal Januari 2016 nanti.

Dengan dilakukannya pemancangan, menandai dimulainya pembangunan pasar modern terbesar di Pelalawan tersebut. Pasar dengan konsep yang nyaman dan lengkap di Pelalawan ini, pembangunannya ditargetkan dapat selesai dalam waktu 18 bulan (Multi Years).

Pembangunan pasar modern yang menelan biaya sekitar Rp. 28 milyar tersebut dilaksanakan oleh PT. Nindya Karya (Persero) Devisi 1  melalui pelelangan umum menggunakan SPSE Kabupaten Pelalawan dari dana APBD Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutanya, Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan bahwa, pasar tradisional yang ada saat ini sudah tidak bisa digunakan karena kebakaran yang di alami beberapa waktu yang lalu dan tidak layak lagi untuk digunakan. Sehingga pasar modern ini merupakan solusi yang paling cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Lokasi pasar yang akan dibangun saat ini merupakan hasil musyawarah antara pemerintah dengan para pedagang, karena pemerintah berusaha memilihkan lokasi yang sangat strategis,” ungkap Bupati H.M.Harris.

Pada kesempatan tersebut, Bupati berpesan kepada para pedagang agar setelah pembangunan selesai,  para pedagang dihimbau agar ikut menjaga kenyamanan para pembeli dengan ikut menjaga kebersihan dan kerapian. Sementara pasar modern yang dibangun memilki luas total bangunan 4.444,2 Meter persegi dan dapat menampung 140 kios.

Dijelaskan Bupati, Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga akan melaksanakan pembangunan lainnya seperti Istana Sayap Pelalawan, jalan Pangkalan kuras, jalan Pangkalan lesung, Kerumutan, Kuala kampar  ada 3 semenisasi, Langgam  pembangunan jalan dan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan ST2P.

Di sisi lain disampaikan bupati, Saat ini pembanguan yang dilakukan Pemerintah Daerah masih banyak yang terlambat, disamping adanya masalah teknis dan lain sebagainya. Terhadap  itu semuah diharapkan masyarakat untuk bersabar,”iya saat ini, setiap agenda pengerjaan proyek tidak bisa dikerjakan begitu saja, memerlukan proses yang panjang, semisal diusulkan tahun ini, tahun depan baru dapat direalisasikan, dan hal ini sangat berbeda jauh sebelumnya, dimana setiap usulan dapat secepatnya di kerjakan,”jelas Harris, seraya menambahkan diperlukan perencanaan yang matang dan diperlukan kehati-hatian dalam menyusun serta mengunakan dana yang berasl dari APBD itu.

Sementara apa yang diungkapkan Harris menjawab keinginan masyarakat untuk mengesa berbagai kegitan proyek, bupati mengharapkan masyarakat untuk bersabar,”kita akan lihat dulu apa yang harus dikerjakan, dan apa yang diusulkan, karena banyak yang harus dilalui,terhadap itu,  Masyarakat jangan salah paham dulu, sekarang proyek mana, kalau proyek semisal pengaspalan jalan lintas timur, kalau itu yang dimaksud. Itu merupakan hak pemerintah pusat. Sementara kewenangan daerah dalam hal ini hanya pada tahap mengusulkan saja, bengitu juga  proyek propinsi lainya. jadi saya tekankan kepada camat,lurah, kades untuk mensosilisasikan hal tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman nantinya,”jelas Harris.

Sementara disisi lain menghadapi persaingan bebas dalam era perdangan bebas hendaknya masayarakat jangan bersaing diantara kita. “Jangan bersaing sesama kita, mari kita bersatu bahu membahu. Kerena persaingan kedepan menghadapi ekonomi asian sangatla kompetitif. Jangan  terkejut orang Malasyia atau negara lainya berdangan ditempat kita,”ujarnya seraya mengatakan  masyarakat dituntut untuk mampu bersaing dan harus bersatu padu.

Pada kesempatan tersebut bupati juga menegaskan kepada camat, kepala desa, lurah untuk mensosialisasikan program pemerintah, semisal Pelalawan Sehat. Karena sejauh ini masyarakat masih  belum banyak memanfaatkan fasilitas kesehatan gratis tersebut.

sementara di tempat yang sama, Kadis PU Setdakan Pelalwan Ir. H. Hasan Tua Tanjung ST.MT, mengatakan, proyek pasar modern tersebut di kerjakan mengunakan angaran sebesar  28,347 M. yang dianggarkan tahun 2014 2015.  melalui paket proyek Multiyears, direncanakan dikerjakan 18 bulan kedepan. Diharapkan awal tahun 2016 nanti telah selesai dikerjakandan pada Januari 2016 nanti telah bisa diresmikan pemakaiannya.

Dikesempatan pemancangan tiang pertama pembangunan pasar modern ini, bupati beserta rombongan meninjuan proyek  maniatur kabbah di kelurahan Sorek satu, Kecamatan Pangkalan Kuras.***(fin)