20141207_111848Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Hanya dalam waktu dua bulan, mulai Januari hingga Februari 2015. Dinas Kesehatan (Dinkes) Rokan Hulu mencatat sebanyak 30 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tersebar di 6 Kecamatan.

Dikatakan Kasi Pemberantasan Penyakit Diskes Rohul Abu Sofyan, Senin (9/2/2015) 6 kecamatan yang di temukan kasus DBD tersebut yakni, kecamatan Rambah 2 kasus, Ujung Batu 8 kasus, Pagaran Tapah 9 kasus, Kepenuhan Hulu 5 kasus, Rambah Samo 1 kasus dan Rambah Hilir 2 kasus.

“ada peningkatan, dibandingkan Bulan Januari-februari 2014 lalu, jumlah kasus DBD Dibulan yang sama hanya 12 kasus tapi tahun ini 30 kasus,” ungkapnya.

Dijelaskanya, dari 6 kecamatan  Kecamatan Pagaran Tapah menjadi kecamatan Soparadis karena baru tahun ini ditemukan Kasus DBD. sementara 5 kecamatan lain merupakan kecamatan Endemis yang memang rutin terjadi DBD.

Abu mengaku, untuk mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk Aedes Aegepti di kecamatan tersebut, Diskes Rohul  telah  menyebar 250 kg bubuk abate serta melakukan fooging gratis di 6 kecamatan. dinkes juga telah menyurati seluruh puskesmas agar segera melaporkan jika nantinya ditemukan penderiata DBD sehingga bisa segera di cegah penyeabaranya.

Agar tidak seakin meluas dinas kesehatan rohul terus menghimbau kepada warga agar dapat waspada dan menjaga kebersihan lingkungan serta menggalakan langkahg 3 M Plus. Hal ini penting telebih adanya peningkatan trend kasus dbd di daerah tetangga seperti pekan baru dan kampar.

“Sebagian besar banyak ban-ban bekas yang menampung air, apalagi biasanya, jika kabupaten tetangga sudah ada peningkatan trend biasanya, akan menyebar ke kabupaten tetangga, ini yang harus kita antispasi dini,” jelasnya.

Untuk diketahui, Tahun 2014 lalu jumlah penderita DBD di rohul mencapai 104 kasus, namun tidak sampai ditetapkan sebagai daerah kasus Luar Biasa (KLB). Sementara KLB DBD pernah terjadi pada tahun 2013 dengan jumlah Kasus mencapai 208 kasus.***(ran)