Kegiatan Program Swasembada Pangan pada masing masing Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kampar Timur dilaksanakan di aula kantor camat Kampar Timur Kabupaten Kampar
Kegiatan Program Swasembada Pangan pada masing masing Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kampar Timur dilaksanakan di aula kantor camat Kampar Timur Kabupaten Kampar

Kampar (SegmenNews.Com)- Kegiatan percepatan pelaksanaan program swasembada pangan di Kabupaten Kampar tim teknis dari Tanaman Pangan dan hultikultura turun langsung ke kecamaatan Kampar Timur yang di usulkan sebagai Pelaksanaan Program Swasembada Pangan pada masing masing Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kampar Timur Yang Dilaksanakan di aula kantor camat Kampar Timur Kaabupaten Kampar.

Yang mana pelaksanaan kegiatan swasembada pangan ini disejalankan dengan program 5 pilar Pembangunan Kampar yang diciutkan pada 3 Zero Kemisikinan, Pengangguran dan Rumah-rumah kumuh.

Camat Kampar Timur Syamsuriansyah mendata dan melakukan verifikasi terhadap kelompok-kelompok tani yang ada di setiap desa. Desa akan difokuskan sebagai Pelaksanaan Program Swasembada Pangan.

Nantinya akan mendapat menanam tanaman Cabe dan Bawang,daging, sayuran dan ikan dari desa itu sendiri Kata Syamsuriansyah, yang turut Hadir dalam rapat tersebut kepala desa dan kelompok tani dan Penyuluh.

Camat Syamsuriansah menghimbau kepada masing masing ketua kelompok yang terdiri dari 6 kelompok supaya membuat komitmen supaya apa yang akan di tanam, sehinga komoditi yang di usulkan oleh masing masing desa tersebut harus sesuai dengan kondisi tanah yang akan di tanam terutama Cabe dan Bawang, dan mengenai pelaksanaan teknis dapat dikoordinasikan dengan dinas terkait.

Sehinga Desa di setiap Kabupaten Kampar bisa terwujud atas Swasembada pangan, sehinga Desa desa yang ada d Kecamatan Kampar Timur dapat menjadi Swasembada Pangan menurut syamsuriansah

Nurilahi Ali Kabid Usaha Tani dari Dinas Pertanian Kabupatenm Kampar menjelaskan di masing masing kelompok di Kecamatan Kampar Timur ini telah mempunyai lahan lebih kurang masing masing 1 Hektar satu desa. Hal ini sangat memungkinkan untuk dapat melaksanakan swasembada pangan di Desa-desa yang ada di Kecamatan Kampar Timur.

“Kita Berharap agar program yang sangat mulia ini dapat berjalan di Kabupaten Kampar sehingga apa yang di cita-citakan Pemerintahan Kabupaten Kampar sebagai Kabupaten terbaik dan termaju di Propinsi Riau dimulai dari tercapainya Swasembada pangan Desa,” Ungkap Syamsuriansyah mengakhiri sambutannya.

Sementara itu pada hari yang sama verifikasi lahan untuk swasembada pangan juga diadakan di Kecamatan Salo, dalam arahannya Camat Salo Edi Afrizal mengatakan bahwa Program Pemda Kampar yang dicetuskan Bupati Kampar H. Jefry Noer adalah untuk menzerokan Kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh, dengan terwujudnya dibulan Juni nanti dengan swasembada pangan di setiap Desa.

Harapan Bupati Kampar untuk memberantas tiga Zero sudah pasti terwujud,” ujarnya.

Edi Afrizal juga mengajak seluruh kelompok tani di Kecamatan Salo untuk bersama-sama bersinergi dan berusaha untuk menjadikan desa-desa di Kecamatan Salo menjadi Desa swasembada pangan agar, cita-cita Kabupaten Kampar termaju di Provinsi Riau dapat terwujud.***(advertorial/ali/hms)