Wabup Siak H Alfedri menyerahkan penghargaan K3  kepada salah satu perusahaan di halaman kantor Bupati Siak
Wabup Siak H Alfedri menyerahkan penghargaan K3 kepada salah satu perusahaan di halaman kantor Bupati Siak

Siak (SegmenNews.com)– Pemerintah Kabupaten Siak beserta jajarannya, serta sejumlah perusahaan menggelar apel peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan (K3) Nasional Tahun 2015 di halaman kantor Bupati Siak, Rabu (11/2/15).

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Hanif Dhakiri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si yang bertindak selaku Pembina Upacara menyampaikan, peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada tanggal 12 bulan Januari 2015 merupakan tahun pertama bagi bangsa Indonesia untuk berjuang, berperan aktif dan bekerja secara kolektif dan terus menerus dalam mewujudkan Indonesia berbudaya K3 tahun 2015 menuju tercapainya visi K3, yakni, ‘Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020‘.

Sejalan dengan agenda nawacita pemerintahan kabinet kerja yang antara lain peningkatan kualitas hidup manusia, produktivitas dan daya saing, kemandirian ekonomi dan revolusi karakter bangsa, maka salah satu tantangan besar yang kita hadapi di sektor ketenagakerjaan pada saat ini adalah kualitas sumber daya manusia, baik yang akan memasuki dunia kerja maupun yang telah bekerja.

Untuk itu lanjutnya, dibutuhkan usaha-usaha nyata guna peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai aspek. Optimalisasi lembaga-lembaga pelatihan, lembaga pendidikan perlu dilakukan guna menciptakan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, produktif dan berdaya saing.

Wabup H Alfedri tinjau pelaksanaan donor darah di kantor Bupati Siak
Wabup H Alfedri tinjau pelaksanaan donor darah di kantor Bupati Siak

Disisi lain, peningkatan kompetensi sumber daya manusia juga harus diikuti dengan pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Karena K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan disamping perlindungan pengupahan, jaminan sosial, kebebasan berserikat, hubungan kerja, dan lainnya, serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional.

Pada kesempatan yang baik ini saya menghimbau, mengajak, dan mendorong agar semua kementerian, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, para cendekiawan, perguruan tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinan perusahaan, pekerja, masyarakat lain-lainnya melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungannya masing-masing, sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat di seluruh bangsa indonesia.

Dengan tema yang sekaligus menjadi tema pertama dalam mencapai visi K3 sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 386 tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2015-2019

Melalui penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) kita wujudkan Indonesia berbudaya K3 dalam menghadapi perdagangan bebas. Sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3,” ujarnya.

Dalam jangka panjang, diharapkan masyarakat industri di indonesia pada khusunya dan masyarakat indonesia pada umumnya memiliki kemandirian dalam berbudaya K3. Budaya K3 merupakan bagian integral dan revolusi mental dalam pembangunan nasional guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, dan oleh karena itu perlu dikembangkan oleh semua pihak secara terus menerus.

Di akhir sambutannya, kiranya peringatan hari K3 yang dilanjutkan pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2015 dapat terselenggara sesuai rencana dan semoga apa yang kita kerjakan berguna bagi nusa dan bangsa.

Usai apel peringatan Hari K3 Nasional tersebut Wakil  Bupati Siak, didampingi Ketua DPRD Siak, Kajari Siak, Ketua Pengadilan Negeri Siak dan Perwakilan Kapolres Siak atas nama Pemerintah Kabupaten Siak  menyerahkan penghargaan kepada 12 Perusahaan yang ada di Kabupaten Siak. Berbagai kegiatan dilaksanakan usai upacara tersebut seperti simulasi mengatasi kebakaran oleh Perusahaan Daerah Siak dan Donor Darah.

Upacara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab Siak Drs. H TS Hamzah, Unsur Forkompimda Siak, Pejabat dilingkungan Pemerintah Kab Siak, PNS dan Honorer serta sejumlah Perusahaan yang ada di Kabupaten Siak.***(advertorial/hms/rinto)