Ilustrasi abrasi (net)
Ilustrasi abrasi (net)

Rokan Hilir (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui, Dinas Cipta Karya Tataruang Rokan Hilir berencana mengundang tim ahli untuk mengkaji abrasi Sungai Rokan sebelum gedung baru kantor Bupati beroperasi. Tim terdiri ahli geologi, ahli air dan tim provinsi.

“Dalam waktu dekat tim akan turun yakni dari Yogyakarta, tim CK provinsi dan kabupaten. Kita akan buat kajian pengaruh abrasi Sungai Rokan terhadap bangunan disekitar pinggiran Sungai Rokan,” kata Kepala Dinas Cipta Karya Tataruang Rohil, Suwandi, dikonfirmasi, Jumat (13/2/2015).

Menurutnya, beberapa bangunan permanen milik pemerintah daerah dibangun di sekitar muara Sungai Rokan, kajiannya apakah terjadi pergerakan tanah akibat pengaruh abrasi. Sebab, Sungai Rokan dikenal memiliki arus yang cukup kuat.

“Nanti setelah tim lakukan kajian, Kita akan lihat hasilnya bagaimana. Setelah itu, baru bisa diambil langkah-langkah lanjutan,” ujarnya.

Masih katanya, bangunan kantor bupati, kantor Bappeda, rumah sakit, kantor DPRD, bangunan SPN dan kantor Kodim. Tindaklanjutnya, kata Suwandi, bagaimana supaya kantor tersebut bisa difungsikan segera.

Kadis menambahkan, kondisi bangunan kantor bupati cukup baik, dan pengerjaan sedang tahap ujicoba, seperti listrik, lampu, AC, lift dan instalasi lainya.”Insya allah kalau semua sudah selesai dan Bapak Bupati menyetujui bangunan kantor bupati sudah dapat beroperasi,” paparnya.***(adv/hms)