Bapemas Rohil Taja Lomba Teknologi Tepat Guna

ilustrasi
ilustrasi

Rokan Hilir(SegmenNews.com)- Kepala bidang usaha ekonomi desa dan teknologi tepat guna ( UED dan TTG ) Badan Pemberdayaan Masyarakat ( Bapemas) Rokan Hilir, Riau, Tri Delsifati menantang generasi muda maupun masyarakat yang mampu menciptakan inovasi dalam berkompetisi untuk menemukan hal baru yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita menyelenggarakan lomba teknologi tepat guna. Untuk lebih mengetahui secara rinci persyaratannya, bisa diambil brosurnya di kantor Bapemas,” kata Tri Delsifati, Sabtu (14/2/2015).

Kompetisi inovasi bidang tekhnologi tepat guna yang diadakan Bapemas, kata Tri, merupakan salah satu gagasan mengingat Rokan Hilir kaya dengan sumber daya alam terutama pengembangan kearifan lokal. Untuk itu, kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari karena sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan maka dipandang perlu untuk mengadakan kompetisi dengan mengedepankan teknologi ramah lingkungan.

Tri menyebutkan, peserta yang ikut kompetisi dibagi menjadi 2 kategori yakni kategori masyarakat/mahasiswa dan pelajar. Peserta boleh berkelompok maksimal 5 orang maupun individu. Persyaratanya harus melampirkan KTP Rohil. Untuk memastikan bahwa hasil inovasi sendiri, hasil karya itu harus dibuat surat pernyataan dan dibubuhi materai. Batas waktu yang diberikan hingga 15 Mei 2015.

Tidak tanggung-tanggung, panitia sudah menyiapkan hadiah jutaan rupiah yakni juara Juara I mendapatkan Rp 15 juta plus piagam, juara II mendapat Rp 10 juta plus piagam dan juara III mendapat Rp 7,5 juta plus piagam.

Tri mengungkapkan, untuk membuat inovasi teknologi tepat guna butuh kepekaan dan kreatifitas yang ditujukan untuk teknologi kerakyatan. Apalagi produk yang diciptakan bersifat ekonomis sehingga dapat menunjang pekerjaan yang digeluti masyarakat. Dia mencontohkan, bisa saja sang inovator menciptakan alat membuang sisik ikan atau alat memanen padi dan lainnya.***(adv/karyadi)