Bupati Siak Raih Penghargaan Pencegahan Karhutla dari Mendagri RI, Jakarta, 12 Februari 2015
Bupati Siak Raih Penghargaan Pencegahan Karhutla dari Mendagri RI, Jakarta, 12 Februari 2015

Siak (SegmenNews.com)- Bupati Kabupaten Siak, Drs. H. Syamsuar, M. Si menerima piagam penghargaan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran perumahan hutan dan lahan di daerah.  Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Menteri dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Jakarta, 12 Februari 2015.

Peraihan prestasi tersebut atas keseriusan Pemkab Siak yang bekerja dengan baik dalam penyelenggaraan pencegahan dan penanggulangan kebakaran dalam pencapaian target standar pelayanan minimal sub urusan kebakaran.

Penghargaan penyelengaraan pencegahan Kebakaran pemukiman, hutan dan lahan tersebut hanya diterima oleh dua kepala daerah yakni, Walikota Depok dan Bupati Siak, Drs Syamsuar MSi.

Bupati Siak juga menyampaikan, dengan adanya penerimaan penghargaan dari Mendagri adalah bagian dari pemberian penghargaan atas kerja keras yang dilakukan, serta adanya inovasi yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Siak.

“Oleh sebab itu, apa yang di berikan oleh Kementerian ini di harapkan bisa menjadi motivasi kita di daerah bisa lebih bergiat lagi dalam menangani masalah kebakaran lahan dan hutan,” kata Bupati Siak.

Dilanjutkan Bupati lagi, saat ini Kabupaten Siak telah membentuk tim kebakaran lahan dan hutan di setiap desa yang dilengkapi dengan prasarana yang berkaitan dengan pencegahan kebakaran lahan dan hutan. Tidak hanya itu, petugas kebakaran lahan dan hutan yang ada di setiap desa di Kabupaten Siak juga kita beri honornya dengan mengunakan dana ADD dan APBD Kabupaten Siak.

Selain itu, Pemkab Siak juga terus meningkatkan upaya kerjasama dengan perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla. Para camat diinstruksikan  selalu berkoordinasi langsung dengan perusahaan yang ada di masing-masing kecamatan.

“Seluruh kecamatan menggelar apel siaga karhutla dengan perusahaan perkebunan yang ada di wilayahnya masing-masing. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan kesiapan peralatan dan personil dalam mencegah dan menanggulangi ganasnya api,” kata Bupati.***(advertorial/rinto)