uang apbnJakarta (SegmenNews.com)- Berbagai aksi kejahatan terjadi, seperti beberapa kasus pembobolan rekening nasabah di Bank dengan berbagai modus dan tipu daya yang merugikan nasabah itu sendiri. Agar tidak terjadi pada diri anda, berikut lima tips menghindari dari aksi pembobolan di Bank yang berikan oleh salah satu nasabah Bank yang pernah mengalami kasus pembobolan dana di Bank.

Berikut lima tips nasabah Bank Permata yang pernah menjadi korban pembobolan dana di Bank, Tjho Winarto merupakan warga Jakarta pusat, seperti  dilansir okezone.com.

1. Hindari layanan transaksi keuangan online yang hanya berdasarkan password dan OTP (one time password) yang dikirimkan lewat pesan pendek (SMS).

“Saat ini, SMS merupakan weakest link di-security. Saya akan cari bank yang menyediakan layanan online menggunakan token fisik. Agak lebih repot, tapi lebih aman,” kata Winarto di Jakarta.

2. Jika bepergian ke tempat yang sinyalnya kurang baik, selalu berusaha untuk call forward telepon ke rekan atau keluarga jika nomor telepon seluler Anda dikaitkan untuk transaksi online.

3. Dana utama kita sebaiknya diamankan di tabungan yang agak “tradisional“, yang tidak bisa dilayani dengan fasilitas online. Hanya dana taktis yang disimpan di rekening yang agak mudah untuk ditransaksikan.

4. Langkah pengamanan sendiri (self protection) adalah mengganti PIN ATM dan password internet banking Anda sesering mungkin. “Seberapa sering penggantian PIN dan password adalah waktu ganti password laptop,” ujar Winarto.

5. Waspada jika Anda sedang men-download file apapun dari website ataupun membuka file dalam email. Jika Anda mencurigai sumbernya, jangan dibuka. Hubungi bank Anda dan cari tahu proteksi macam apa yang mereka tawarkan pada para nasabah.***(ran/okz)