Bupati Bengkalis Herliyan Saleh terbangkan layang-layang sebagai tanda dibukanya festival layang-layang di tepi pantai desa Muntai
Bupati Bengkalis Herliyan Saleh terbangkan layang-layang sebagai tanda dibukanya festival layang-layang di tepi pantai desa Muntai

Bengkalis (SegmenNews.com)- Bupati Bengkalis Herliyan Saleh terbangkan layang-layang sebagai tanda dibukanya festival layang-layang di tepi pantai desa Muntai, Sabtu (14/2/15). Walaupun penyelenggaraan tingkat desa, namun kegiatan tersebut cukup meriah.

Permainan rakyat itu tak hanya diikuti oleh Desa setempat, ratusan peserta dari Desa tetangga juga berbondong-bondong mengikuti festival sehingga menambah semaraknya kegiatan rakyat itu.

Dalam sambutannya, bupati memberikan apresiasi berbagai pihak yang masih mempertahankan dan melestarikan tradisi dan permainan rakyat. Penjagaan dan pelestarian ini menjadi penting, karena tradisi dan hasil cipta kebudayaan, merupakan sebuah identitas yang menunjukkan jati diri sebuah masyarakat.

Lebih lanjut bupati yang pernah menerima anugerah Temenggung Tun Hasan dari DMDI Malaysia ini menyebutkan, bahwa tradisi rakyat merupakan modal yang sangat besar dalam menghadapi berbagai kemungkinan persoalan yang ditimbulkan oleh hiruk pikuk perkembangan dunia dan dampak globalisasi

Sekarang, tinggal bagaimana kita, secara bersungguh-sungguh memelihara dan mempertahankan segala kearifan yang sudah tumbuh berkembang dalam masyarakat kita“, katanya.

Oleh karena itu festival layang-layang merupakan upaya untuk mengembangkan potensi parisiwata yang ada di Kabupaten Bengkalis. Mengingat, pengembangan potensi pariwisata memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat tempatan.

“Tidak hanya itu, kegiatan pada hari ini sebagai ajang untuk menarik pengunjung datang ke pantai desa Muntai. Pemkab Bengkalis memandang hal ini memiliki potensi yang layak untuk dijual pada wisatawan,” ujar bupati yang juga bergelar Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri ini.

Tentunya dalam mengemas permainan rakyat ini harus dipersiapkan secara baik dan maksimal, sehingga wisatawan yang datang untuk menyaksikan tak merasa rugi.

Selain bupati, tampak hadir anggota DPRD Bengkalis asal Bantan Sofyan, ketua KONI Bengkalis Syaukani, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Bengkalis, H Eduar.***(adv/hms/man)