Kebun jagung (net)
Kebun jagung (net)

Siak(SegmenNews.com)- Dengan adanya program tanaman pangan Padi jagung dan kedelai (Pajale) yang berkerjasama antara para petani dan TNI untuk meggalakan tanaman padi jagung dan kedelai, mulai tahun ini dinas Pertanian tanamana pangan dan Holtikultura melakukan upaya penanaman jagung, kedelai dan Kacang tahan seluas 46 hektar yang tersebar di enam kecamatan.

Demikian disampaikan kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultur Kabupaten Siak Ir Hj Robiati Mp, Minggu (15/2/15). Menurutnya bahwa program penanaman padi jagung kedelai adalah program antara TNI dan pertanian dalam upaya untuk mendukung kebutuhan pangan di kabupaten Siak, yang nantinya pemerintah pusat juga ikut andil dalam hal ini, maka untuk tahun ini memang kita masih kesulitan dalam hal lahan sehingga dalam pengelolaan penanaman jagung kedelai dan kacang tanah seluas 46 hektar dibagi dalam enam kecamatan.

Enam kecamatan yang akan menjadi basis pengelolaan jagung kedelai dan kacang tanah adalah Kecamatan Bungaraya, Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Dayun, Kecamatan Kerinci Kanan dan Kecamatan Kandis, tentunya selain memanfaatkan tenaga petani juga kita akan bersam asama dengan TNI dan badan ketahan pangan dan penyuluhan, yang bertujuan untuk mendampingi para petani dalam pengeloaan Pajale ini.

Bagi daerah yang belum bisa dilakukan tanam padi dua kali setahun akan kita upayakan adanya tumpang sari yaitu melalui tanaman jagung dan kedelai, dan nantinya juga di kecamatan sabak Auh akan di upayakan dilakukan tanaman jagung dan kedelai.***(rinto/rls)