Pernak pernik imlek (antara)
Pernak pernik imlek (antara)

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Menjelang perayaan tahun baru imlek 2566 yang jatuh pada 19 Februari, harga-harga kebutuhan pokok seperti cabai merah, tomat, minyak goreng, telur, dan gula di beberapa pasar Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, relatif stabil.

“Tidak ada kenaikan harga yang berarti, cabai merah saja yang biasanya mahal kini tidak naik,” kata Mita (35), ibu rumah tangga warga Jalan Durian, Pekanbaru, Rabu (18/2)

Dia mengatakan kenaikan harga telah terjadi ketika harga bahan bakar minyak (BBM) dinaikkan beberapa waktu lalu. Sementara menjelang tahun baru Imlek ini tidak ada gejolak kenaikan harga sama sekali.

Kondisi ini tidak seperti tahun lalu di mana setiap akan ada perayaan hari besar keagamaan harga-harga khususnya cabai merah, tomat, bawang merah dan putih serta sayuran mengalami kenaikan drastis.

“Sekarang saja harga cabai merah kisaran Rp17.000 – Rp20.000 per kilogram,” kata dia menambahkan.

Hal yang sama juga diakui oleh Sinaga, agen cabai merah di pasar Senapelan, Pekanbaru. Dia menjelaskan stok cabai merah saat ini cukup berlimpah di wilayah itu, sehingga walau ada momen tahun baru Imlek, harga tidak mengalami kenaikan berarti. Kedatangan kiriman cabai merah dari Medan, Sumbar dan Pulau Jawa masih berlimpah seperti biasanya.

“Kalau dulu saat hari raya harga cabai bisa ratusan ribu, sekarang stabil,” papar dia.

Bahkan menurut dia, harga kebutuhan lainnya seperti tomat sayur justru cenderung turun dibandingkan harga saat kenaikan BBM. Kini tomat sayur dihargai Rp4.000-Rp5.000/kilogramnya.

Red:Sondri
Sumber: republika.co.id