IMG_20150220_150346Siak (SegmenNews.com)- Kabar gembira dibawa oleh rombongan Bupati Siak H. Syamsuar saat membuka Musrenbang Kecamatan Sabak Auh, Jum’at (20/2) di aula kantor Camat. Masyarakat Sabak Auh tahun ini dipastikan bisa menikmati listrik yang relatif murah dari PLN.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Siak yang bekerjasama dengan Kabupaten Pelalawan. Sumber listrik dengan daya 3 Mega Watt dari pembangkit listrik daerah Langgam siap disalurkan ke wilayah Kabupaten Siak. Direncanakan, daya 3 Mega Watt itu difokuskan untuk memerangi 3 kecamatan, yakni Kecamatan Dayun, Koto Gasib dan Sabak Auh.

Kerja sama dengan Kabupaten Pelalawan ini kepastiannya akan diputuskan hari Senin depan. Jika kesepakatan kerjasama itu terwujud, maka kecamatan Sabak Auh tahun ini akan teraliri listrik dari PLN.

Kepala Dinas Pertambangan dan Enegri (Distamben) Siak, Amin Budyadi menjelaskan secara teknis, jaringan listrik menuju Sabak Auh terdekat dari Pembangkit Listrik yang ada di Ibu Kota Kabupaten. “Saat ini sumber listrik di kecamatan Mempura dari Siak, jika sumber listrik dari Langgam sudah terhubung, mempura kita aliri listrik dari Langgam, jaringan dari Siak untuk Mempura kita putus dan kita alihkan untuk Kecamatan Sabak Auh,” terang Amin Budyadi.

Terkait ketersediaan Jaringan Listrik Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah, Amin Budyadi menjelaskan bahwa tahun ini pemerintah Kabupaten Siak dengan dana APBD tahun anggaran 2015 akan membangun jaringan listrik di 3 desa/kampung yang ada di Kecamatan Sabak Auh, yakni di Desa Laksamana, Belading dan Bandar Pedada.

Sementara, untuk desa lainnya pembangunan jaringan akan dilakukan oleh PT. PLN atau dari bantuan APBD Kabupaten Siak di tahun berikutnya.

Dari 8 Desa/Kampung yang ada di Kecamatan Sabak Auh, saat ini baru dua desa yang telah menikmati listrik dari PLN, yakni desa Rempak dan Selat Guntung. Dua desa tersebut telah menikmati listrik semenjak Siak belum Mekar dari Kabupaten Bengkalis.

Sebelumnya sumber listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Disel milik PT. PLN yang berdiri di Desa Rempak, dan kini jaringan listrik telah dihubungkan dengan sumber listrik dari Pembangkit yang ada di Kota Kabupaten Siak.***(rinto)