Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mempercepat pembahasan APBD-P tahun 2015. Tujuannya untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Sekretaris Komisi A DPRD Riau, mengakui, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), selaku pelaksana Pilkada tidak dianggarkan dalam APBD murni 2015. Sedangkan pelaksanaan Pilkda membutuhkan dana besar untuk 9 kabupaten/kota.

“Kita akan mempercepat pembahasan APBD-P Riau tahun ini. Karena untuk mendukung KPUD dalam pelaksanaan Pilkada serentak di 9 daerah pada akhir tahun 2015 ini,” kata
Suhardiman, Sabtu (21/2).

Terkait anggaran KPUD, ia mau menanggapi. Pasalnya DPRD akan membahas berdasarkan usulanPUD. Selain itu, pengesahan anggaran KPUD juga berdasarkan kemampuan dari keuangan daerah Pemprov Riau.

Oleh sebab itu, bulan Mei, Badan Anggaran (Banggar) akan mulai melakukan pembahasan APBD-P. Sehingga dalam waktu cepat, APBD-P bisa disahkan. Supaya anggaran tersebut bisa cepat direlokasikan ke KPUD, untuk biaya sosialisasi, uji publik terhadap calon dan lain lain.

Kemudian anggaran KPUD juga diperuntukkan untuk persiapan KPPS/PPK di daerah yang akan menggelar Pilkada serentak. Diharapkan, pelaksanaan Pilkada tahun ini tidak seperti tahun tahun sebelumnya. Dimana KPUD tidak memiliki anggaran cukup untuk melaksanakan Pilkada.

“Kita harus mempersiapkan anggaran jauh jauh hari. Sehingga pelaksanaan Pilkada bisa lancar, aman dan tertib. Inti dari kelancaran itu tidak lain karena anggaran cukup,” ujar Suhardiman.***(alind)