Bupati dan Kemenag Rohul Pimpin Rapat Persiapan MTQ
Bupati dan Kemenag Rohul Pimpin Rapat Persiapan MTQ

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dipimpin oleh Bupati Rohul Drs H Achmad MSi dan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XV Tingkat Kabupaten Rohul tahun 2015, Senin (23/2/2015) bertempat di aula Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pengaraian.

Hadir dalam rapat tersebut Asisten II Drs H Syaiful Bahri SSos MSi, Kepala Badan/Dinas/kantor di lingkungan Pemkab Rohul, Kabag Kesra H Fathanalia Putera SSos MSi, Camat se Rohul, Kepala KUA se Rohul, dan segenap Panitia pelaksana MTQ XV Tingkat Kab Rohul.

Bupati Rohul H Achmad mengharapkan agar dalam pelaksanaan MTQ tahun ini, dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas, baik dari segi penyelenggaraan maupun dari segi pesertanya, sehingga MTQ ini dapat menghasilkan Qari’ Qari’ah, Hafizh-Hafizhah, Mufassir-Mufassirah terbaik dalam bidangnya.

Untuk itu, Achmad berharap agar semua Camat se Rohul, dapat melaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan dan segera melaporkan jadwal pelaksanaannya, sebab Bupati Achmad akan menghadiri dan membuka secara langsung pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan tersebut.

Achmad lebih lanjut menyatakan bahwa Rohul sudah dua kali berturut-turut menjadi juara umum dan dia berharap agar pada tahun ini, pada pelaksanaan MTQ Tingkat Prov Riau yang akan digelar di Siak pada bulan Oktober mendatang, juga dapat meraih juara umum, sehingga Rohul meraih piala tetap. Ini akan menjadi kebanggaan dan motivasi bagi masyarakat Rohul, tegas Achmad.

Sementara itu Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, mengatakan bahwa MTQ Tingkat Kab Rohul akan digelar pada tanggal 8 s/d 13 April 2015 yang akan datang, bertempat di Dataran Tinggi Rantau Baih (Purna MTQ) Pasir Pengaraian, ditambah dengan MAMIC dan MTsN Rambah.

Hasibuan menyatakan bahwa mata lomba yang dipertandingkan pada MTQ ini adalah Cabang Tilawah yang meliputi Tartil, Tilawah anak-anak, tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, dan Qiro’ah Saba’ah. Selain itu, Tahfizh Alquran yang meliputi 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Ditambah dengan Khaththil Quran, yang meliputi Khath Naskah, Dekorasi, Hiasan Mushaf, dan khat kontemporer. Termasuk juga yang dipertandingkan adalah Fahmil Quran dan Syarhil Quran.***(adv/hums/ran)