pdipPekanbaru(SegmenNews.com)- Tanggal 8 Maret 2015, merupakan hari penentu bagi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Riau untuk memilih ketua baru. Pemilihan ketua DPD PDIP diselenggarakan melalui Konferensi Daerah (Konferda).

Sampai sekarang, Bakal Calon Ketua DPD PDIP Riau ada 7 orang yakni:
1. Kordias Pasaribu
2. Suryadi Husaini
3. Almainis
4. Manahara Manurung
5. Zukri Misran
6. Ma’mun Solihin
7. Rusli Ahmad

Dari 7 nama yang maju mecalonkan sebagai ketua DPD-PDIP Riau, akan diseleksi dan dikerucutkan menjadi tiga orang yang nantinya akan bersaing.

“Penunjukkan tiga calon dari tujuh Balon ini dilakukan oleh DPP PDIP. Penunjukkan dilakukan melalui proses seleksi ketat dan pengkajian mendalam oleh tim yang dibentuk Tim PDIP pusat,” kata salah seorang kandidat Ketua DPD PDIP Riau, Kordias Pasaribu.

Dikatakan anggota DPRD Riau daerah pemilihan Kota Pekanbaru ini, tiga nama yang ditunjuk nantinya adalah orang yang dinilai baik dan bisa membawa PDIP lebih baik kedepan. Sementara tiga nama itu sampai sekarang belum diketahui oleh siapapun kecuali pengurus DPP dan Megawati.

Jika tiga nama itu sudah dikeluarkan DPP, maka dalam Konferda nama-nama inilah yang akan bermusyawarah menjadi Ketua. Jadi, tidak ada pemilihan- pemilihan, seperti foting atau aklamasi, tetapi berdasarkan kesepakatan tiga calon tersebut untuk maju dan mundur.

“Sebenarnya Ketua DPD PDIP tidak dipilih oleh peserta anggota. Tapi dipilih oleh satu dari tiga calon ditetapkan DPP melalui musyawarah tiga calon itu sendiri. Namun musyawarahnya dilakukan di Konferda nanti,” ujar Kordias.***(alind)