Tennas Effendy saat mendapat perawatan di rumah sakit
Tennas Effendy saat mendapat perawatan di rumah sakit

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Masyarakat dan tokoh Riau sedang dirundung duka, setelah tinggal budayawan Riau yang terkenal arif dan bijaksana, H Tennas Efendy menghadap sang khalik, Sabtu (28/2/15) sekitar pukul 00:25 Wib di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru.

Masyarakat, pejabat, dan anggota DPRD Riau serta kolega almarhum berdatangan kerumah duka di Jalan Pasir Putih, suasana sedih menyelimuti rumah yang kental dengan nuansa melayu itu. Jelang sesi pemakaman di TPU Jalan Amal, Pasir Putih, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau usai Salat Zuhur, arus lalulintas yang dipadati pelayat dikawal oleh pihak kepolisian.

Sebelumnya Tenas Effendy sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit malaka, karena kondisi kesehatan terus menurun, akhirnya Budayawan Senior Riau itu di rujuk ke RSUD Arifin Achmad, Jum’at kemarin.

Tenas Effendi lahir 9 November 1936 di Kuala Panduk, Pelalawan, Riau. Meninggal dalam usia 79 tahun, almarhum meninggalkan seorang istri, 8 anak, 19 cucu dan 1 cicit.

Alamrhum seorang sastrawan yang banyak membuat makalah, baik untuk simposium, lokakarya, diskusi, maupun seminar, yang berhubungan dengan Melayu, seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand Selatan, Filipina Selatan, sampai Madagaskar. Tennas juga sangat menjunjung tinggi dan amat peduli dengan kemajuan dan perkembangan kebudayaan Melayu.

Tenas sendiri juga aktif berorganisasi, antara lain: Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (2000-2005), Ketua Dewan Pembina Lembaga Adat Pelalawan (2000-kini), Pembina Lembaga Adat Petalangan (1982-kini), Penasihat Paguyuban Masyarakat Riau (2001-kini).***(chir/grc)