Sekdako Pekanbaru HM Syukri Harto beserta camat, Upika Rumbai dan Rumbai Pesisir mencoba  sepeda ontel di kawasan car free day Rumbai, Minggu (1/3). Foto humas.
Sekdako Pekanbaru HM Syukri Harto beserta camat, Upika Rumbai dan Rumbai Pesisir mencoba sepeda ontel di kawasan car free day Rumbai, Minggu (1/3). Foto humas.

Pekanbaru(SegmenNews.com)— Masyarakat Rumbai dan Rumbai Pesisir bersuka cita menyambut diberlaukannya kawasan car free day di ruas jalan Yos Suradrso tepatnya di depan Stadion Rumbai. Resminya pemberlakukan kawasan bebas kendaraan di pagi minggu itu sudah dinatikan masyarakat Rumbai sejak 9 bulan yang lalu tepatnya sejak Bulan Mei 2014 saat komunitas tokoh dan pemuda Rumbai yang tergabung dalam Histom RRP mengusulkan kepada Walikota pekanbaru Firdaus ST MT.

Dan pada Minggu (1/3), sekira pukul 07.00 WIB Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT diwakili oleh Sekdako HM Syukri Harto meresmikan kawasn Car Free Day tersebut dengan dihadiri Kadis perhubungan Syafril beserta jajarannya, Camat Rumbai pesisir Nurhasymin, Camat Rumbai Zulhelmi, Danramil, Kapolsek, Sekcam, serta para lurah, para pengurus Histom RRP, serta ratusan pemuda dan tokoh pecinta olahraga sehat di Rumbai dan Rumbai pesisir, dan dimeriahkan dengan band anak-anak muda Pekanbaru yang kreatif dan bertalenta.

Walikota Pekanbaru dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa dengan diberlakukannya kawasan car free day tersebut diharapkan menjadi tempat berkatifitasnya di pagi hari libur bagi masyarakat Rumbai, Rumbai pesisir dan sekitar, jalan sehat, senam, jogging, serta bersepeda sehat yang memupuk kebersamaan.

“Banyak hal yang dapat kita petik dari kawasan car free day ini, bisa memotivasi masyarakat untuk olahraga bersama, bergaya hidup sehat, serta berkumpul bersama, dan membawa keluarga melakukan jalan sehat, senam, atau bersepeda. Ini salah satu cii dan wujud masyarakat kota yang madani, smart, sehat, dan mencintai lingkungannya,’’ ujar Sekdako HM Syukri Harto.

Sementara itu, situasi yang terganbar dikawwasan car free day tersebut, terlihat ratusan masyarakat dari berbagai kelompok usia menikmati suansana kawasan car free day tersebut, seperti family gatering, para atlit Volly Kota Pekanbaru, bahkan sejumlah komunitas sepeda ontel yang biasanya besepeda sehat di car free day Jl Diponegoro, memilih mencoba bersepeda sehat di kawasan Jl Yos Sudarso Rumbai tersebut.

“Kami merasa bahwa kondisi lingkungan dan alam di Rumbai ini jauh lebih asri dan hijau dari kawasan lainnya, dan terasa sangat segar udaranya,’’ ujar salah seorang pecinta sepeda ontel.***(hms/chir)