SMU Plus Pekanbaru
SMU Plus Pekanbaru

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Melindungi masyarakat dari kemiskinan untuk mengejar pendidikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau telah menyediakan lima sekolah gratis. Sekolah ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi miskin.

Berikut Daftar lima sekolah itu:

1. SMU Plus

2. SMA Olahraga

3. SMK Pertanian Terpadu di Pekanbaru

4. SMK Pertanian Dumai

5. SMA Keperawatan di Rengat Inhu.

Kepala Disdikbud Riau Dwi Agus Sumarno menjelaskan, sekarang tidak ada lagi untuk tidak sekolah bagi putra putri Melayu Riau. Pemerintah sudah berupaya membantu masyarakat meningkatkan pendidikan lebih tinggi melalui sekolah gratis, sesuai dengan keahlian dan cita-cita yang dimiliki anak. Penerimaan siswa baru dilaksanakan tahun pelajaran ini.

“Silahkan anak-anak berprestasi tapi tidak mampu mendaftar ke sekolah binaan Pemprov Riau. Memang masuknya akan diseleksi, supaya hasil seleksi dapat diketahui anak-anak yang diterima benar-benar anak memiliki keinginan dan kemampuan untuk sekolah lebih tinggi,” kata Dwi, Jumat (27/2).

Dwi menjelaskan, tahun ini untuk SMA Plus Riau tersebut jumlah siswa-siswi yang akan diterima sebanyak 100 orang, dengan rincian 33 orang Putri dan 67 Putra. Selain harus memiliki nilai 8 rata-rata dari masuk Sekolah menengah Pertama (SMP) hingga tamat, tes lainnya juga akan diberlakukan bagi mereka yang ingin bersekolah, disekolah yang mendapat pembiayaan dari Pemerintah Provinsi Riau tersebut.

Setelah memiliki nilai rata-rata 8, akan dilakukan Tes Pos Akademik (TPA), untuk tes ini, pada hari pelaksanaan tes akan diketahui hasilnya, apakah yang bersangkutan lulus atau tidak. bagi yang dinyatakan lulus, mereka akan diberangkatkan ke Pekanbaru untuk tes Kesehatan, yang lulus pada tes ini akan dilanjutkan dengan tes fisik, untuk tes fisik ini akan diberlakukan tes seperti calon Mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tinggi minimal juga akan diberlakukan yakni 165 untuk Putra dan 160 untuk Putri.

“Jadi kita itu ingin mendapatkan siswa-siswi yang selain pintar, juga memiliki badan sehat, dan juga fisiknya memadai, setelah itu baru dilakukan Psikotest, yang meliputi IQ, emosional dan lain lain, untuk tes ini bekerjasama dengan pihak Chevron. Dan yang terakhir akan dilakukan Pantohir, yang tempatnya dikantor Disdikbud Riau, setelah itu baru akan didapat siswa- siswi yang akan akan bersekolah di SMA Plus Riau ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dwi juga menjelaskan persyaratan untuk bisa masuk disekolah dibawah naungan Disdikbud Riau, seperti SMA Olahraga yang tahun ini akan menerima siswa sebanyak 100 orang, penerimaan siswanya dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, baik regional maupun nasional. Untuk SMK Pertanian Terpadu, yang akan diterima sebanyak 250 orang untuk Tujuh kelas, yang terdiri dari 75 orang Perempuan dan 175 laki-laki, yang berhak masuk adalah anak-anak seluruh daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, yang kurang dalam ekonomi, tapi memiliki kemauan dan nilai bagus atau pintar.

“Sedangkan untuk penerimaan siswa pada SMA Perikanan dan SMA Keperawatan di Rengat, persyaratannya tidak seperti pada SMA Plus, namun tetap harus anak- anak pintar dengan nilai rata-rata SMP-nya bagus setiap semester, jumlah yang diterima itu untuk SMA Perawatan 75 orang, dan SMA Perikanan 75 orang,” terang Dwi.***(alind)