Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Sebanyak 161 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Riau yang lolos seleksi masih harus bersabar sebelum betul-betul bisa bekerja di lingkungan Pemerintahan Provinsi Riau. Karena Surat Keputusan (SK) penugasan untuk menempatkan mereka di Satuan kerja (Satker) masing-masing belum bisa dikeluarkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Muhammad Guntur mengaku, BKD sedang mengirimkan data ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), Wilayah kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru. Pengiriman data dilengkapi dengan kelengkapan berkas dan administrasi.

Hasil kelulusan seleksi Formasi penerimaan CPNS Riau tahun 2014 ini sebelumnya telah diumumkan pada Januari 2015 kemarin. Meski demikian, para calon pegawai ini belum bisa ditempatkan bekerja, karena Nomor Induk Pegawai (NIP) belum dikeluarkan oleh BKN.

“Sekarang sedang proses in-put data dari BKD ke BKN. Untuk melengkapi data dan berkas administrasinya,” kata Guntur, saat akan melakukan hearing dengan Komisi A DPRD Riau terkait penerimaan CPNS dan nasip pegawai Kategori (K2) yang belum diterima menjadi CPNS, Selasa (3/3/15).

Sementara Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKD Riau, Haprialdi Malik menjelaskan, akhir pekan lalu bahwa penugasan belum bisa dilakukan karena para nama cpns yang telah lolos masih dalam proses pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN). “Jadi sekarang masih menunggu proses dari BKN, ” ujar Hapriadi.

Dijelaskannya, proses yang sedang dilaksanakan oleh BKN itu saat ini adalah pemberian Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi masing-masing CPNS. Setelah proses tersebut selesai, sambungnya, barulah data-data CPNS tersebut diserahkan kembali ke daerah.

“Nah, ketika sudah diserahkan kepada kita, barulah secepatnya akan di SK-kan,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang CPNS yang berhasil lulus di Riau, Angga Alghifari, mengaku masih belum mendapatkan informasi mengenai kapan ia mulai bekerja. Ia sangat berharap agar proses pengangkatannya dapat segera terlaksana.***(alind)