Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama Kapus Ketenagakerjaan RI, Nurahman Msi memasuki ruangan acara sosialisasi Bimtek Penyusunan Rencana Tenagakerja
Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama Kapus Ketenagakerjaan RI, Nurahman Msi memasuki ruangan acara sosialisasi Bimtek Penyusunan Rencana Tenagakerja

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Walikota Pekanbaru H. Firdaus, ST.MT menegaskan bahwa pembangunan ketenagakerjaan merupakan strategi yang sangat penting dalam kerangka Pembangunan Nasional, Regional daerah dan sektoral yang meliputi pembinaan kualitas angkatan kerja, pendayagunaan perlindungan dan peningkatan kesejahteraan pekerja. Hal ini merupakan mempunyai sifat yang inkusif yang melibatkan berbagai pihak sebagai pemangku kepentingan atau stacholders.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis Penyusunan Rencana Tenaga Kerja, Rabu (04/03) di Alamanda meeting Room Grand Central Hotel Pekanbaru yang ditaja oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru.

Walikota menambahkan, pekanbaru merupakan Ibu Kota Provinsi Riau meliputi luas wiilayah mencapai 632,28 KM2, jumlah penduduk mecapai 1,1 juta jiwa serta letak geografis yang strategis oleh karenanya luas wilayah yang besar tersebut dapat di jadikan untuk pemerataan pembangunan, pencapaiannya lebih kurang 30% daerah yang terbangun oleh sebab itu keunggulan dan potensi yang ada agar di mamfaatkan oleh seluruh komponen yang ada untuk menggerakkan roda pembangunan Kota Pekanbaru.

Wako juga megingatkan di hadapan peserta acara hendaknya kepada semua agar tidak lagi menjadi masyarakat yang konsumtif yang hanya sifatnya memakai dan memanfaatkan saja tetapi tidak memikirkan dan menciptakan, untuk itu mari kita hijrah dari hal yang demikian kepada perubahan dengan mengandalkan SDA yang teruji dan berkualitas agar terhindar dari jajahan modernitas.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Ir. Jhony S, MT sebelumnya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ketenagakerjaan ini di lakukan adalah untuk mengetahui sekaligus memahami persoalan-persoalan yang ada dalam hal ketenagakerjaan khususnya di kota Pekanbaru.

Ditambahkan bahwa hal ini adalah persoalan bersama, baik penyelenggara negara maupun warga negara, sekalipun baru kali ini di lakukan tetapi hal ini akan belanjut di perkirakan yang 4 kali kegiatan lagi dengan waktu yang berbeda hingga tersusunnya rencana ketenagakerjaan Kota Pekanbaru.

Pada acara ini hadir, KAPUS Ketenagakerjaan Republik Indonesia,Nurahman, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Kadis DKP Kota Pekanbaru, Kadis Pasar Kota Pekanbaru, Kepala BPTPM Kota Pekanbaru, CAMAT se-Kota Pekanbaru serta para pegawai Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru turut hadir Dekan Fakultas Ekonomi UIN dan UIR serta Perwakilan AKINDO.***(chir/hms)