Sukses 3 Zero, Menteri LHK Berencana Jadikan Kampar Percontohan Nasional
Sukses 3 Zero, Menteri LHK Berencana Jadikan Kampar Percontohan Nasional

Kampar (Segmennews.com)- Program anti kemiskinan yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Kampar, Riau menjadi sorotan sejumlah tokoh dan pejabat nasional untuk kemudian dijadikan model percontohan bagi daerah lain dalam memberantas kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

Berbagai program anti kemiskinan itu dijalankan melalui sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan dan peternakan. Semuanya dijalankan sekaligus dengan target pada 2016 akan tercapai 3 Zero yakni, zero kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

Bupati Kampar Jefry Noer kepada pers, Rabu (4/3/15) beberapa pejabat nasional yang menyorot program anti kemiskinan itu adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Dia bahkan berencana untuk menjadikan Kampar sebagai model percontohan nasional.

“Program seperti ini yang harusnya dilakukan oleh daerah-daerah lainnya. Ini masuk dalam program hutan tanaman rakyat dan hutan desa,” kata Siti Nurbaya.

Program yang dimaksud salah satunya adalah pengembangan Desa Mandiri Pangan dan Energi dengan memanfaatkan lahan sempit untuk dijadikan kawasan peternakan, perikanan, pertanian dan pengelolaan limbah ternak menjadi biourine dan biogas.

Bupati Jefry Noer saat ini sedang menyiapkan lahan percontohan Program Desa Mandiri Pangan dan Energi di kawasan Pusat Pelatihan Petanian Pedesaan Swadaya Masyarakat (P4S) Kubang Jaya, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siakhulu, Kabupaten Kampar.

Kami targetkan dalam waktu dekat sudah selesai seratus persen dan pada 12 Maret sudah diresmikan dan siap untuk dikembangkan di seluruh kecamatan hingga pedesaan di Kampar, kata Jefry.

Pejabat lainnya yang juga menyorot program anti kemiskinan Pemkab Kampar adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang menggap program itu adalah trobosan untuk ketahanan pangan nasional.

Sementara dari beberapa tokoh politik nasional yang mendukung program anti kemiskinan Kampar adalah mantan Ketua DPR RI Marzuki Ali. Dia bahkan sempat berkunjung ke kawasan P4S Kampar.

Berbagai program tersebut menurut Jefry telah dijalankan sejak lama diawal kepemimpinannya beberapa tahun silam. Program ini sekaligus mendukung program nasional tentang kedaulatan pangan.***(advertorial/hms/ali)