Bupati Harap Kementan RI Bantu Pertanian Meranti
Bupati Harap Kementan RI Bantu Pertanian Meranti

Selatpanjang(SegmenNews.com)- Lobi Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, MSi mendatangkan Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. Amran Sulaiman di Kabupaten Kepulauan Meranti, tepatnya didesa Bina Maju Kecamatan Rangsang Barat untuk melakukan Panen Raya, Rabu (4/3/2015) akhirnya terwujud.

Pada kesempatan itu Bupati berharap Mentan RI membantu meningkatkan potensi pertanian lokal dan mendapat tanggapan positif Menteri yang berjanji akan membantu sejumlah peralatan, pupuk dan ternak.

Panen raya dilakukan Menteri bersama Plt. Gubri, Danrem 031/WB, Sekda Meranti, Perwakilan Polres, serta Muspida lainnya, diatas lahan seluas 50 Ha.

Di hadapan Menteri Amran dan Plt. Gubri H. Arsyadjuliandi, Bupati memaparkan sejumlah permasalah pertanian yang butuh dukungan dari Kementerian, sebagai salah satu pulau terluar dibibir Selat Malaka, tingkat kemiskinan masih tinggi, salah satu upaya Pemda untuk menekan angka kemiskinan dengan mengoptimalkan potensi pertanian.

Masalah yang dihadapi Kabupaten termuda di Riau ini hanya mampu melayani 10 persen kebutuhan pangan lokal, selebihnya masih mengimpor dari Provinsi tentangga Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Thailand. “Meranti memiliki lahan pertanian yang sangat luas namun karena keterbatasan peralatan dan air potensi pertanian sulit kami kembangkan,” keluh Bupati.

Harapan Bupati, dengan kedatangan orang nomor satu di Kementerian Pertanian itu dapat membawa Meranti swasembada beras. “Kami ingin kedepan Meranti tidak lagi mendatangkan beras dari luar, swasembada dan ketahanan pangan sangat penting sebagai salah satu syarat menjadi bangsa yang mandiri,”ucap Bupati.

Ibarat gayung bersambut, harapan Bupati langsung ditanggapi positif oleh Menteri Kabinet Jokowi itu, Menteri Amran berjanji akan mengupayakan peningkatan hasil produksi pertanian padi Meranti yang kini baru mencapai 2-3 Ton pertahun.***(her)