pksPekanbaru(SegmenNews.com)- Dewan Pimpinan Daerah Partai Kesejahteraan Sosial (DPW-PKS) Provinsi Riau, mengaku fokus mendukung kaum pria dalam pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sembilan daerah tahun 2015.

Pasalnya, kaum pria, jam terbang kinerjanya tidak terbatas. Kapanpun kegiatan dilaksanakan, ia siap. Berbeda dengan perempuan yang tidak bisa bekerja kapan waktu. Jadi dalam pemerintahan, partai politik harus menacari sosok orang yang kuat tegar dan inofatif.

Selain itu, PKS tidak akan melirik calon dengan modal kepopuleritas, namun kepada finansial. Karena dengan kemapuan pemikiran calon itu bisa membawa daerah yang dipimpin kearah yang baik dari sebelumnya.

“Saya tidak mengatakan fokus kali kepada kaum pria, nanti orang salah tafsir pula nanti. Namun kita kan harus melihat situasi dan kondisi, kalau kondisi di Pekanbaru yang memiliki wilayah sedikit bisa saja diusung dari kaum perempuan,” kata Sekretaris DPW PKS, Suroyo, Rabu (4/3).

PKS sudah menetapkan dukungan di empat daerah Pilkada. Yakni, Dumai dr Ihcsan (kader PKS), Inhud dan Meranti incumben. Namun untuk Bengkalis belum ditetapkan, namun akan diputuskan penetapannya dalam waktu dekat.

Sementara untuk lima daerah Pilkada, belum ditetapkan arh dukungan. Tapi dalam dua bulan ini, penetapan dukungan sudah diputuskan oleh DPW PKS. Kendala lima daerah ini, dikarenakan penepan Pilkada serentak oleh pemerintah pada awal tahun 2015 ini, sehingga partai belum siap memilih dan melihat calon yang akan didukung.

Proses penetapan calon dikatakan Suroyo, yakni kandidat berkoordinasi dengan DPW PKS, kemudian DPW PKS berkoordinasi lagi dengan DPP PKS. Lalu DPP PKS lah yang memutuskan nama kandidat. Usulan kandidat minimal dua orang dikirim ke pusat.

“Target tahun ini 100 persen. Sebab tahun lalu dari 12 kabupaten/kota, dukungan PKS menang di 9 daerah. Jadi sekarang, kita yakin menang diseluruh daerah yang melaksanakan Pilkada,” ujar Suroyo.***(alind)