Kakan Kemenag Rohul Lantik Kepala KUA Bonai Darussalam
Kakan Kemenag Rohul Lantik Kepala KUA Bonai Darussalam

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, lantik Muhammad Darwis SHI sebagai Kepala KUA Kec Bonai Darussalam, menggantikan Andriantoni SAg, yang pindah tugas menjadi Penghulu pada salah satu KUA di lingkungan Kemenag Kota Pekanbaru.

Hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, para Kepala Seksi dan Penyelenggara pada Kemenag Rohul, Kepala Madrasah Negeri se Rohul, Kepala KUA se Rohul, dan para pegawai di lingkungan Kemenag Rohul.

Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, dalam sambutan pengarahannya menyatakan, bahwa Kec Bonai Darussalam adalah salah satu wilayah yang sangat potensial dari sisi dakwah agama Islam, sebab selain agak terpencil, juga di Bonai Darussalam belum ada madrasah dan pondok pesantren. Itu artinya, Bonai Darussalam miskin sentuhan dakwah islamiyah, tegasnya.

Oleh karena itu, kepada Muhammad Darwis selaku Kepala KUA yang baru, agar bekerja keras, meningkatkan kordinasi dengan instansi lintas sektoral, seperti Camat, Kaplosek, Danramil, UPTD, dan juga dengan Kepala Desa, serta para tokoh adat, tokoh masyarakat yang cukup besar pengaruhnya kepada masyarakat.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Kepala Perencanaan Kanwil Kemenag Riau ini, berharap agar dua atau tiga tahun ke depan sudah berdiri pondok pesantren atau madrasah, baik Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, maupun Aliyah, sebab pendidikan ini adalah basis pembinaan umat.

Ahmad Supardi juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Sdr Andriantoni, Kepala KUA Bonai Darussalam yang lama, yang telah mengabdi di Rokan Hulu selama kurang lebih lima tahun, dan sekarang bertugas di Kota Pekanbaru. Beliau berharap agar lebih sukses lagi di tempat kerja yang baru.

Muhammad Darwis usai pelantikan mengatakan, dirinya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengemban tugas dan amanat yang dibebankan oleh Kakan Kemenag Rohul di pundaknya. Dirinya sadar betul bahwa bertugas di Bonai Darussalam cukup berat dan penuh tantangan, namun ia yakin dapat melaksanakannya.

Ketika ditanya tentang tugas-tugasnya, Darwis mengatakan bahwa Kepala KUA berkewajiban memberikan pelayanan di bidang Nikah dan Rujuk bagi umat Islam, pembinaan kemasjidan dan rumah ibadah pada umumnya, mengurusi zakat dan wakaf, kerukunan umat beragama, dan lain sebagainya.***(rls/ran)