Bank Sampah Kepenghuluan Bangun Kreativitas Masyarakat

bank sampahRokan Hilir(SegmenNews.com)- Anggota Komisi B DPRD Riau Karmila Sari, menilai keberadaan bank sampah tani sehat Kepenghuluan Lenggadai Hilir Kecamatan Rimba Melintang dapat membangun kreatifitas masyarakat supaya hidup bersih dan sehat.

Inisiatif pendirian bank sampah sejak Desember 2014. Pendirian bank sampah dimanfaatkan menampung sampah dari masyarakat sekitar dan dimana saja,”Saya sangat apresiasi sekali sehingga pasar, tempat umum jadi bersih,” ujar Karmila ketika lounching bank sampah, di Kecamatan Rimba Melintang baru-baru ini.

Namun, lanjut Karmila, keberadaan bank sampah sangat minim fasilitas sehingga perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah,”Kalau masyarakat usulkan bantuan nanti saya akan perjuangkan di propinsi, sebab mereka yang lebih paham kondisi kekurangan dilapangan,”ujarnya.

Manfaat lain dari bank sampah, jelas Karmila, menampung koran bekas, botol minuman, kardus dan barang bekas yang jumlahnya kadang mencapai 0,5 ton. Dari hasil mengumpulkan barang bekas uangnya diserahkan langsung ke pemberi sampah.

“Jadi sampah yang dikumpulkan dipisahkan mana yang bisa dimanfaatkan dapat dijadikan keranjang, pot, vas bunga, kotak pensil dan lainya. Dan, tentunya membutuhkan kreatifitas yang cukup tinggi dari masyarakat,”katanya.

Buka hanya sampah nonorganik, lanjutnya, sampak jenis organik seperti sayur dapat diolah anggota bank sampah menjadi pupuk cair tanaman. Tetapi, mereka sangat membutuhkan alat pencacah plastik untuk dijadikan kristal plastik.

“Sisi lain kretifitas ini bisa dimenghasilkan pendapat komersil yakni dengan menjual kristal plastik ke perusahaan plastik agar dapat didaur ulang. Selain itu, mereka perlu mesin jahit dan ruang tambahan untk aktifitas kegiatan anggota bank sampah,”imbuhnya.***(adv/hms)