Beruang Ancam Keselamatan Warga Desa Menaming Dibunuh
Beruang Ancam Keselamatan Warga Desa Menaming Dibunuh

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Dua ekor beruang memasuki kampung Dusun Huta Baru, Desa Menaming Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (9/3/15) sekitar pukul 09:30 WIB. Warga yang merasa terancam keselamatannya, beramai-ramai memburu beruang dan membunuhnya, alahasil seekor beruang betina warna hitam mati, sedangkan seekor lagi belum diketahui keberadaannya.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Pitoyo Agung Yuwono melalui Kabag Ops Polres Rokan Hulu Kompol Suwarno menjelaskan, saat itu Bhabinkamtibmas Desa Menaming Briptu Jufendri menerima informasi dari Kades Menaming, Firdaus Daulay bahwa ada 2 ekor beruang warna hitam memasuki pemukiman warga Desa Menaming kemudian Briptu Jufendri langsung berangkat menuju lokasi sekitar pukul pukul 09.30 wib.

Saat Briptu Jufendri tiba dilokasi, dia melihat warga sedang mengerumuni seekor beruang betina Warna hitam yang sudah dalam keadaan mati. Adapun penyebab matinya beruang tersebut diduga akibat pukulan benda keras pada bagian kepala dan mulut beruang.

“Menurut keterangan sejumlah warga desa Menaming, beruang itu terpaksa dipukul oleh warga menggunakan tombak dan kayu karena beruang masuk ke pemukiman warga dan mengancam keselamatan warga, sedangkan seekor lagi lai kehutan,” ujar Suwarno.

Dari penelitian Mapolsek Rambah, bahwa beruang tersebut memiliki panjang 150 cm, lebar dada : 30 cm, panjang tangan: 35 cm, panjang kaki : 40 cm, berat badan : 65 kg.

“Beruang kita amankan dan akan berkoordinasi dengan Polhut Dishutbun Rohul dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Riau (BKSDA). Kita masih menunggu mereka,” tutup Suwarno.***(ran)