Bupati Herliyan Instruksikan PU Segera Atasi Abrasi di Teluk Rhu
Bupati Herliyan Instruksikan PU Segera Atasi Abrasi di Teluk Rhu

Tanjung Medang(SegmenNews.com)– Kuatnya hempasan ombak Selat Melaka, lebih-lebih saat musim Utara, membuat bibir pantai di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, mengalami abrasi yang cukup parah. Meskipun upaya telah dilakukan Pemerintah Kecamatan Rupat Utara bersama warga stempat untuk mengatasinya, namun hasilnya belum maksimal.

Untuk itu, Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menginstruksikan Kepala SKPD terkait, khususnya Kadis PU dan Kadis Budparpora melakukan langkah-langkah konkrit agar dampak abrasi itu tidak semakin meluas.

“Buat perencanaan yang baik dan secepatnya lakukan upaya-upaya penanggulangan supaya abrasi di Pantai Teluk Rhu ini tidak bertambah luas dan mengancam perumahan warga,” tegas Herliyan saat melakukan peninjauan di Desa Teluk Rhu yang abrasi, Selasa (10/3) kemarin.

Selain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ikut ke Rupat Utara, seperti Kadis Pekerjaan Umum (PU) Muhammad Nasir dan Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) H Eduar, tutur mendampingi Bupati melakukan peninjauan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, abrasi di pantai Teluk Rhu ini memang mulai mengkhawatirkan warga setempat. Khususnya mereka yang berdiam tidak jauh dari bibir pantai.

Apalagi saat ini dampak abrasi tersebut sudah merusak pagar tempat pemakaman umum yang ada di bibir pantai tersebut. Begitu pula sejumlah pohon besar yang ada di sana. Terancam segera rubuh karena akarnya mulai tergerus abrasi.

Sebagaimana asa masyarakat, Camat Rupat Utara memang berharap SKPD terkait dapat membantu dan segera melakukan upaya-upaya agar abrasi di Pantai Teluk Rhu itu tidak meluas.

“Bersama masyarakat kita sudah melakukan upaya penanggulangan seperti memasang karung-karung berisi pasir. Namun hasilnya tidak optimal. Makanya kita minta Bupati meninjau langsung dampak abrasi di pantai Teluk Rhu ini”, ujar Syafruddin.***(advertorial/hms/man)