Pentingkah Kartu Kredit?
Pentingkah Kartu Kredit?

SegmenNews.com- Sebagian orang tak ingin memiliki kartu kredit karena takut terlilit utang. Disisi lain, di zaman modern seperti saat ini, memiliki kartu kredit dianggap perlu karena hampir sebagian transaksi sudah bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Misalnya belanja untuk kebutuhan rumah tangga, belanja online,  isi bensin, makan di beberapa restoran, bayar perawatan mobil di beberapa bengkel,  mengikuti training, beli tiket atau pesan hotel.

“Jadi sudah hampir dalam aspek kehidupan kita melakukan transaksi non tunai dan mempermudah kita tanpa harus membawa uang cash yang banyak di dompet,” kata Perencana keuangan One Shildt M. Andoko, dilansir dari laman liputan6.

Andoko menyebutkan, salah satu kelebihan kartu kredit adalah menunda cashflow pembayaran. Maksudnya jika Anda melakukan transaksi hari ini, maka Anda baru akan membayar bulan depan.

Namun demikian kartu kredit jangan dianggap sebagai penghasilan tambahan. Setelah Anda melakukan transaksi penting untuk membayar tagihannya sebelum jatuh tempo supaya tidak kena biaya keterlambatan dan denda bunga.

“Jika kita disiplin dalam hal ini maka kita tidak akan memiliki masalah terhadap kartu kredit,” terang dia.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengingat tanggal jatuh tempo dari kartu kredit yang dimiliki. Apalagi jika memiliki lebih dari satu dan memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda maka perlu ekstra hati-hati.

Salah satu yang bisa Anda gunakan sebagai pengingat adalah gunakan saja gadget anda dengan memasang alarm.  Cara bijak lainnya adalah perlu mempelajari bunga yang dikenakan kartu kredit.

“Seringkali penerbit kartu kredit bisa memberikan bunga 3 persen-4,5 persen per bulan,” paparnya.(*)