Suparman: Asessment Baik untuk Seleksi Pejabat Berbakat
Suparman: Asessment Baik untuk Seleksi Pejabat Berbakat

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Ketua DPRD Riau, Suparman menegaskan bahwa asessment uji kemampuan melalui Panitia Seleksi (Pansel) yang ditunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau merupakan hal terbaik untuk mencari pejabat yang mampu memimpin suatu bidang di Pemerintahan.

“Pejabat yang mengaku mengundurkan diri itu tandanya dia itu tidak mampu. Mana ada orang yang merasa mampu akan mengundurkan diri,” kata Suparman, Rabu (11/3).

Menurut Suparman, setiap ada kesempatan itu, dimanfaatkan. Jika kalah dalam bertarung itu hal yang biasa. Namun jangan menyerah sebelum mencobanya. Karena suatu perjuangan merupakan kehormatan bagi diri manusia. Asessmen merupakan suatu pengujian bakat seseorang. Disana akan dapat dilihat keahlian dan kemampuan seseorang menguasai suatu ilmu atau bidang. Sehingga pemerintah yakin, bahwa orang tersebut sangat cocok diletakkan memimpin suatu instansi.

Pengujian Asesmen bertujuan untuk KKN. Karena pengujian ini membuktikan bahwa suatu jabatan diraih oleh seseorang benar-benar berdasakan kemampuan dan ilmu yang dimilikinya. jadi bukan karena unsur kedekatan atau kekeluargaan. DPRD sangat mendukung, seleksi pejabat melalui Pansel. Dengan harapan, orang terpilih dapat menguasai bidang dan mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan di Riau.

“Kinerja Pansel akan kita awasi dan dipantau terus. Jika ada unsur tidak sesuai dengan ketentuan berlaku pasti kita tegur, karena fungsi pengawasan merupakan hak dewan,” ujar Suparman.***(alind)